ANALISIS PROFITABILITAS USAHA TENUN SONGKET DAN KONTRIBUSINYA TERHADAP PENDAPATAN RUMAH TANGGA PETANI DI DESA SUKARARA KECAMATAN JONGGAT KABUPATEN LOMBOK TENGAH

MARIAM, EVITA (2019) ANALISIS PROFITABILITAS USAHA TENUN SONGKET DAN KONTRIBUSINYA TERHADAP PENDAPATAN RUMAH TANGGA PETANI DI DESA SUKARARA KECAMATAN JONGGAT KABUPATEN LOMBOK TENGAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi evita.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengidentifikasi sumber pendapatan rumah tangga petani; (2) Mengidentifikasi kontribusi dari industri kerajinan tenun songket terhadap pendapatan rumahtangga petani di Desa Sukarara Kecamatan Jonggat Kabupaten Lombok Tengah; (3) Menganalisis Profitabilitas usaha kerajinan tenun songket di Desa Sukarara Kecamatan Jonggat (4) Mengidentifikasi hambatan-hambatan yang dihadapi oleh pengrajin dalam melaksanakan usaha tenun songket di Desa Sukarara Kecamatan Jonggat Kabupaten Lombok Tengah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan unit analisis adalah usaha kerajinan tenun songket yang diusahakan rumahtangga petani. Daerah penelitian yaitu di Desa Sukarara di Kabupaten Lombok Tengah yaitu Dusun Batuntek, Dusun Ketangga, Dusun Buncalang dengan menggunakan metode “purposive sampling” penentuan responden ditentukan secara “Quota Sampling” yaitu sebanyak 30 orang responden. Penentuan responden tersebut dilakukan dengan metode Proportional Sampling. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan data kuantitatif, dan sumber data adalah data primer dan data sekunder. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pendapatan rumahtangga petani di Desa Sukarara sebesar Rp 34.315.227 per tahun, rata-rata pendapatan dari usahatani Rp 17.678.442 per tahun dan pendapatan dari non usahatani selain kerajinan tenun dengan rata-rata sebesar Rp 6.411.200 per tahun. Kontribusi usaha kerajinan tenun terhadap pendapatan rumahtangga petani di Desa Sukarara Kecamatan Jonggat sebesar 29,80 %. Profitabilitas usaha kerajinan tenun songket sebesar 18,04 %. masalah dan hambatan yang dihadapi oleh rumahtangga petani di Desa Sukarara Kecamatan Jonggat Kabupaten Lombok tengah yaitu harga bahan baku yang sering naik, dalam penelitian ini yang dimaksud adalah benang dan hambatan yang dialami yaitu masih ada responden yang belum bisa memasangkan benang ke masing- masing peralatan usaha kerajinan tenun sekaligus pembuatan motif.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): pertanian, tenun songket, petani
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 04 Nov 2019 01:06
Last Modified: 04 Nov 2019 01:06
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14798

Actions (login required)

View Item View Item