STUDI PERBANDINGAN PENDAPATAN USAHATANI JAGUNG HIBRIDA DAN USAHATANI JAGUNG KOMPOSIT DI KECAMATAN ALAS BARAT KABUPATEN SUMBAWA

Agusmanto, Agusmanto (2019) STUDI PERBANDINGAN PENDAPATAN USAHATANI JAGUNG HIBRIDA DAN USAHATANI JAGUNG KOMPOSIT DI KECAMATAN ALAS BARAT KABUPATEN SUMBAWA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui biaya dan pendapatan dalam usahatani jagung hibrida dan usahatani jagung komposit di Kecamatan Alas barat Kabupaten Sumbawa, mengetahui perbandingan biaya dan pendapatan dalam usahatani jagung hibrida dan usahatani jagung komposit di Kecamatan Alas Barat Kabupaten Sumbawa, mengetahui masalah dan hambatan yang dihadapi petani dalam mengelolah usahatani jagung hibrida dan usahatani jagung komposit di Kecamatan Alas Barat Kabupaten Sumbawa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif, penentuan daerah sampel ditetapkan secara “purposive sampling” di Kecamatan Alas Barat Kabupaten Sumbawa yaitu Desa Mapin Rea dan Desa Mapin Kebak. Penentuan responden secara “quota sampling” sebanyak 40 orang, dan penentuan responden pada masing-masing desa dilakukan secara accidental sampling. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan, analisis pendapatan, analisis biaya dan penerimaan, analisis revenue cost ratio (R/C Ratio), analisis penyerapan tenaga kerja dan efisiensi usahatani. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbandingan pendapatan usahatani jagung hibrida dan usahatani jagung komposit di Kecamatan Alas Barat Kabupaten Sumbawa dilihat dari aspek ekonomi pendapatan masing- masing sebesar Rp 16 159 103,86.-/ha dan Rp 9 705 156,25.-/ha serta R/C ratio sebesar 3,55 dan 2,77 dilihat dari aspek ekonomi usahatani jagung hibrida dan usahatani jagung komposit efisien dan layak untuk diusahakan. Hambatan dan masalah yang dihadapi oleh usahatani jagung hibrida dan usahatani jagung komposit dalam berushatani yaitu tidak mengetahui cara mengelolahan tanah secara optimal, langkanya pupuk dan frekwensi penyuluhan kurang.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Jagung Hibrida, Jagung Komposit, Pendapatan, Efesien, Hambatan
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 04 Nov 2019 00:59
Last Modified: 04 Nov 2019 00:59
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14810

Actions (login required)

View Item View Item