PENGARUH MULTIMEDIA INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS IV SD NEGERI 37 CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

KURNIA, RAFIKA (2019) PENGARUH MULTIMEDIA INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS IV SD NEGERI 37 CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI RAFIKA KURNIA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh multimedia interaktif terhadap hasil belajar tematik siswa kelas IV SD Negeri 37 Cakranegara Tahun Pelajaran 2018/2019. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 37 Cakranegara yang berjumlah 55 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes untuk data hasil belajar tematik siswa yang sebelumnya telah dilakukan uji validitas, reliabilitas, taraf kesukaran dan daya pembeda. Pengujian persyaratan analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis uji t-test dengan menggunakan polled varians yang berbantuan program analisis statistik SPSS20. Hasil analisis data dengan dengan menggunakan t-test dengan taraf signifikan 5% (0,05) menunjukan bahwa terdapat nilai posttest dengan nilai Sig. (2-tailed) = 0,000 < 0,05 % . Kemudian dari nilai posttest thitung = 4,074 > ttabel = 2,006. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterimanya dan Ha ditolak. Yang berarti ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan multimedia interaktif terhadap hasil belajar tematik siswa kelas IV SD Negeri 37 Cakranegara Tahun Pelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): multimedia interaktif, hasil belajar tematik.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 04 Nov 2019 00:58
Last Modified: 04 Nov 2019 00:58
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14812

Actions (login required)

View Item View Item