HUBUNGAN KEDISIPLINAN DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN GUGUS IV KECAMATAN PRAYA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

USQOQ, URWATUL (2019) HUBUNGAN KEDISIPLINAN DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN GUGUS IV KECAMATAN PRAYA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI URWATUL USQOQ (E1E015111).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kedisiplinan peserta didik, mendeskripsikan hasil belajar peserta didik dan mengetahui hubungan kedisiplinan dengan hasil belajar peserta didik kelas IV SDN Gugus IV Kecamatan Praya Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode korelasional, metode korelasional ditujukan untuk mengetahui hubungan suatu variabel dengan variabel-variabel lain. Jumlah populasi dalam penelitian ini berjumlah 174 siswa dan diperoleh sampel berjumlah 63 siswa dengan teknik Proportionate Random Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket dan dokumentasi. Hasil deskripsi data kedisiplinan peserta didik berada pada kategori baik, sedangkan deskripsi data hasil belajar peserta didik berada pada kategori sangat baik. Uji hipotesis penelitian ini digunakan rumus product moment. Hasil analisis data menunjukkan rhitung = 0,244 ≥ rtabel = 0,244 dengan N = 63 pada taraf signifikan 5% (0,05), sehingga dapat disimpulkan hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi “Ada Hubungan Kedisiplinan dengan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Gugus IV Kecamatan Praya Tahun Pelajaran 2019/2020” diterima dengan kontribusi (sumbangan) yang diberikan oleh kedisiplinan terhadap hasil belajar peserta didik yaitu sebesar 5,95%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kedisiplinan, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 04 Nov 2019 00:58
Last Modified: 04 Nov 2019 00:58
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14813

Actions (login required)

View Item View Item