SISTEM ANALISIS TINGKAT PELAYANAN PERPAJAKAN PADA KPP MATARAM BARAT MENGGUNAKAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT DAN KANO

OEMARDI, RAKA (2019) SISTEM ANALISIS TINGKAT PELAYANAN PERPAJAKAN PADA KPP MATARAM BARAT MENGGUNAKAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT DAN KANO. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TUGAS AKHIR RAKA OEMARDI F1D012072.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pelayanan prima merupakan upaya KPP Mataram Barat untuk meningkatkan kemauan wajib pajak memenuhi kewajiban perpajakannya. Saat ini sistem untuk mengukur tingkat pelayanan tidak mampu untuk menilai indikator pelayanan secara detail. Untuk itu dibutuhkan suatu sistem analisis tingkat pelayanan perpajakan yang dapat menentukan arah peningkatan pelayanan perpajakan, penilaian wajib pajak terhadap pelayanan perpajakan berdasarkan pada ekspektasi dan persepsi keadaan pelayanan saat ini. Sistem ini dijalankan dengan cara wajib pajak mengisi kuesioner pada sistem, kemudian hasil kuesioner dihitung menggunakan metode quality function deployment (QFD) dan metode Kano. Metode QFD digunakan untuk menghitung nilai ekspektasi dan persepsi wajib pajak terhadap indikator pelayanan perpajakan, nilai ekspektasi dan persepsi dibangun kedalam bentuk matriks house of quality (HoQ) sehingga didapatkan urutan prioritas atribut peningkatan pelayanan. Mengategorikan tingkat pengaruh indikator pelayanan perpajakan terhadap atribut peningkatan pelayanan diklasifikasikan menggunakan metode Kano. Berdasarkan pengujian black box dan mean opinion score (MOS) sistem ini telah berjalan sesuai harapan dengan nilai persentase 97,395%. Hasil prioritas didapatkan dengan yakni yang pertama atribut kebutuhan peningkatan pemahaman wajib pajak terhadap manajemen kualitas dengan persentase 9,207%, yang kedua atribut kebutuhan peningkatan prosedur pelayanan fiskus dengan persentase 9,157% dan yang ketiga atribut kebutuhan peningkatan pengawasan kualitas layanan dengan persentase 9,112%

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Quality function deployment(QFD), Kano, servqual, pelayanan pajak, sistem kuesioner.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 04 Nov 2019 00:56
Last Modified: 04 Nov 2019 00:56
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14817

Actions (login required)

View Item View Item