PENGARUH PENAMBAHAN STRIP ANYAMAN BAMBU DAN SERAT GLASS TERHADAP KEKUATAN BENDING KOMPOSIT DENGAN METODE VACUUM ASSISTED RESIN INFUSSION (VARI)

Zazali, Munawir (2019) PENGARUH PENAMBAHAN STRIP ANYAMAN BAMBU DAN SERAT GLASS TERHADAP KEKUATAN BENDING KOMPOSIT DENGAN METODE VACUUM ASSISTED RESIN INFUSSION (VARI). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi munawir.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan sifat bending material komposit yang diproduksi dengan metode VARI, dan mendapatkan analisa waktu distribusi resin polyester pada lapisan komposit serat gelas dan strip anyaman bambu. Proses pembuatan komposit bermacam-macam, namun proses pembuatan pada penelitian ini adalah proses Vacum Assisted Resin Infusion (VARI). Dalam proses VARI, fiber kering di letakkan antara fixmold dan plactik bag, kemudian resin di injeksikan setelah ruang di dalam plastic bag bertekanan rendah dan proses berlanjut sampai seluruh bagian fiber terbasahi oleh resin. Dari hasil peneltian, pengujian dan pembahasan hasil uji bending yang telah dilakukan maka dapat ditarik kesimpulan antara lain : Variasi jumlah lapisan penguat pada metode VARI akan berpengaruh terhadap nilai kekuatan bending dari komposit. Dengan menggunakan metode VARI Nilai tegangan bending rata-rata tertinggi terjadi pada variasi 4 yaitu sebesar (206,696 Mpa), sedangkan yang terendah terjadi pada variasi 1 yaitu sebesar (42,835 Mpa), dan waktu yang di butuhkan untuk pendistribusian resin bervariasi yaitu pada variasi 1 waktu yang dibutuhkan 5 menit 02 detik, sedangkan untuk variasi 4 membutuhkan waktu 8 menit 03 detik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): VARI, Fiberglas, Bambu, Variasi Lapisan, Uji Bending.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 04 Nov 2019 00:55
Last Modified: 04 Nov 2019 00:55
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14818

Actions (login required)

View Item View Item