RESPON SOSIAL MASYARAKAT DALAM PELAKSANAAN KHURUJ’ FI SABILILLAH JAMA’AH TABLIGH (Studi Keberterimaan Masyarakat terhadap Jama’ah Tabligh di Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah)

Umar, Suhaili (2019) RESPON SOSIAL MASYARAKAT DALAM PELAKSANAAN KHURUJ’ FI SABILILLAH JAMA’AH TABLIGH (Studi Keberterimaan Masyarakat terhadap Jama’ah Tabligh di Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI Suhaili Umar FIX total.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode penelitaian kualitatif yaitu dengan pendekatan Studi Kasus. Teknik pengupulan data yang digunakan adalah dengan metode Observasi Partisipatif dimana cara mendapatkan data yaitu dengan berpartisipasi langsung dalam kegiatan program Khuruj’ Fi Sabilillah Jama’ah Tabligh. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teori tindakan sosial Max Weber dengan beberapa konsep sosiologi yang relevan dengan kajian penelitian. Informan dipilih dengan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian, bentuk-bentuk pelaksanaan Khuruj’ Fi Sabilillah dalam gerakan dakwah Jama’ah Tabligh antara lain yaitu: Musyawarah, Ta’lim wa ta’lum, Mudzakarah 6 sifat sahaabat Nabi, Bayan, Mudzakaroh Ilmu dan Jaulah. Tujuan dari pelaksanaan tersebut yaitu sebagai sarana tarbiyah untuk melatih diri setiap jama’ah dalam menjalankan agama secara sempurna dan menjaga amalan-amalan serta menghidupkan sunnah-sunnah Rasulullah S.A.W dalam kehidupan mereka. Respon sosial masyarakat secara garis besar terbagi atas dua kelompok yaitu kelompok yang menerima dan mendukung gerakan dakwah Jama’ah Tabligh, dan disisi lain ada juga sebagian kelompok masyarakat yang menolak kehadiran pergerakan dakwah Jama’ah Tabligh. Masyarakat yang menerima dan mendukung gerakan dakwah Jama’ah Tabligh yaitu karena beberapa alasan, seperti melihat semangat dan keberanian Jama’ah Tabligh dalam beradakwah dari rumah ke rumah untuk mengajak orang-orang ke masjid untuk shalat berjama’ah yang pada dasarnya merupakan tugas utama dari tokoh masyarakat dan tokoh agama setempat, sehingga kehadiran Jama’ah Tabligh dianggap memberikan dampak positif bagi masyarakat. Bentuk penolakan dari masyarakat terhadap metode dakwah Jama’ah Tabligh hanya sebatas sikap ketidaksetujuan dan kritikan dari masing-masing pribadi anggota masyarakat tetapi tidak menolak dan melarangnya untuk melakukan aktivitas dakwah sehingga Jama’ah Tabligh tetap eksis melakukan gerakan dakwahnya di tengah- tengah masyarakat

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Jama’ah Tabligh, Khuruj’ Fi Sabilillah, Respon Sosia
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Program Studi Sosiologi
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 04 Nov 2019 00:55
Last Modified: 04 Nov 2019 00:55
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14819

Actions (login required)

View Item View Item