PELAKSANAAN LELANG BARANG GADAI PADA LEMBAGA USAHA PEGADAIAN MASYARAKAT DI WILAYAH KOTA MATARAM BERDASARKAN PERATURAN MENTERI KEUANGAN NOMOR 27/PMK.06/2016

PRATAMA, LALU NALDI SURYA (2019) PELAKSANAAN LELANG BARANG GADAI PADA LEMBAGA USAHA PEGADAIAN MASYARAKAT DI WILAYAH KOTA MATARAM BERDASARKAN PERATURAN MENTERI KEUANGAN NOMOR 27/PMK.06/2016. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI JADI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (858kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana system pelelangan menurut peraturan mentreri keuangan nomor 27/PMK.06/2016 dengan pelelangan yang ada didalam lembaga usaha pegadaian masyarakat. Penelitian ini adalah normative empiris, metode pendekatan yang digunakan adalah pendekatan undang-undangan dan pendekatan konseptual. Hasil penelitian ini didapati jawaban bahwa pelelangan yang ada di dalam peraturan menteri keuangan sudah jelas bahwa sebelum melakukan lelang harus melalui dua fase yaitu fase persiapan lelang dan fase pelaksanaan lelang, sedangkan di dalam lembaga usaha pegadaian masyarakat kota mataram tidak sesuai dengan apa yang sudah di atur dalam peraturan menteri keuangan oleh karena itu lembaga usaha pegadaian masyarakat menggunakan system lelang perorangan yang dimana pelelangan ada dilakukan dengan cara memberikan atau menjual kepada orang yang di kenali saja tanpa ada prosedur yang sudah di atur dalam peraturan menteri keuangan nomor 27/PMK.06/2016 maka dari itu lembaga usaha pegadaian masyarakat belum sepenuhnya mengikuti peraturan perundang-undangan yang mengaturnya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Peraturan Menteri Keuangan Nomor 27/PMK.06/2016, fase persiapan, fase pelaksanaan.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 04 Nov 2019 08:29
Last Modified: 04 Nov 2019 08:29
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14837

Actions (login required)

View Item View Item