SPESIASI LOGAM BERAT TEMBAGA (Cu) PADA TANAH KAWASAN TAMBANG EMAS RAKYAT SEKOTONG, LOMBOK BARAT

NURAINI, MAYA AULIA (2019) SPESIASI LOGAM BERAT TEMBAGA (Cu) PADA TANAH KAWASAN TAMBANG EMAS RAKYAT SEKOTONG, LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi - Spesiasi Logam Berat Tembaga (Cu) Pada Tanah Kawasan Tambang Emas Rakyat Sekotong, Lombok Barat-dikonversi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kajian tentang spesiasi logam tembaga pada tanah kawasan tambang emas rakyat Sekotong telah dilakukan. Pertambangan Emas Tanpa Izin (PETI) yang banyak ditemukan di Sekotong, Lombok Barat membuang limbahnya secara langsung ke lingkungan tanpa dipantau penyebaran logam berat. Logam Cu sebagai salah satu logam berat yang ada di limbah penambangan emas, walaupun termasuk logam berat essensial juga bersifat toksik pada konsumsi di atas ambang batas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kadar total logam tembaga (Cu) dan untuk mengetahui persebaran tembaga (Cu) dalam berbagai fraksi pada tanah gelondongan tambang emas rakyat Sekotong. Metode yang digunakan adalah metode ekstraksi bertahap yang terdiri atas analisis fraksi exchangeable, fraksi oksida, fraksi organik dan fraksi residu. Kadar tembaga dianalisis menggunakan alat Spektrofotometri Serapan Atom (SSA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsentrasi logam tembaga (Cu) total dalam tanah sebesar 1,6999 ppm. Hasil yang didapatkan ini telah melebihi ambang batas cemaran logam tembaga yaitu 0,004 ppm. Ketersediaan spesies mobile logam tembaga (Cu) dalam tanah yaitu fraksi exchangeable sebesar -0.0982-0,2038 ppm, untuk ketersediaan spesies semi-mobile dalam tanah berupa fraksi oksida dan fraksi organik berturut-turut sebesar 0,0556-0,2950 ppm dan 0,0005-0,0751 ppm dan ketersediaan spesies non-mobile dalam tanah yaitu fraksi residu berkisar antara 0,1013-0,9023 ppm. Dilihat dari besarnya konsentrasi yang didapatkan pada fraksi residu menunjukkan masih rendahnya ketersediaan logam tembaga bagi organisme hidup di sekitar kawasan tambang emas Sekotong, Lombok Barat.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): spesiasi, tembaga (Cu), tanah, sekotong, tambang emas.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 18 Nov 2019 04:32
Last Modified: 18 Nov 2019 04:32
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14845

Actions (login required)

View Item View Item