ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS ROTI BOY PADA PERUSAHAAN FARIS BAKERY MENGGUNAKAN METODE STATISTICAL PROCESS CONTROL (SPC) DAN FAILURE MODE AND EFFECTS ANALYSIS (FMEA)

AMDANI, RIRIN JANWARI (2019) ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS ROTI BOY PADA PERUSAHAAN FARIS BAKERY MENGGUNAKAN METODE STATISTICAL PROCESS CONTROL (SPC) DAN FAILURE MODE AND EFFECTS ANALYSIS (FMEA). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI RIRIN JANWARI RAMDANI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Faris Bakery merupakan salah satu perusahaan roti di kabupaten Lombok Barat yang saat ini permintaan produknya semakin meningkat, terutama permintaan jenis roti boy. Karena permintaan yang meningkat mengharuskan perusahaan untuk menghasilkan produk yang lebih banyak dan sesuai dengan spesifikasi kualitas yang diharapkan. Pada kenyataannya tidak semua produk yang dihasilkan memenuhi spesifikasi yang diharapkan oleh perusahaan maupun pelanggan, karena masih terdapat produk yang cacat. Hal ini tentunya dapat berdampak negatif bagi perusahaan karena dapat menimbulkan kerugian. Oleh karenanya pengendalian kualitas produk sangat penting untuk dilakukan untuk mengurangi terjadinya produk cacat. Metode yang dapat digunakan untuk membantu pengendalian kualitas pada kasus tersebut adalah metode Statistical Process Control (SPC) dan Failure Mode and Effects Analysis (FMEA). Berdasarkan hasil analisis peta kendali p, produk cacat roti boy berada dalam batas kendali. Hal ini ditunjukkan dengan adanya keseluruhan titik berada dalam batas garis UCL dan LCL. Adapun nilai UCL adalah sebesar 0.0634, LCL sebesar 0.019, dan CL sebesar 0.0634. Faktor-faktor penyebab kerusakan yaitu manusia, mesin, metode, bahan baku dan lingkungan. Berdasarkan metode FMEA solusi perbaikan yang dapat diterapkan pada perusahaan yaitu menambah karyawan agar proses produksi dapat berjalan lancar dan lebih terkoordinasi, disediakan tempat penyimpanan bahan dan peralatan yang lebih luas, melakukan pemeriksaan peralatan produksi secara berkala dan mengganti peralatan yang baru, misalnya mengganti mesin pembungkus roti yang manual menjadi mesin press dan memasang peraturan atau membuat sistem operasioanl kerja.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Failure Mode and Effects Analysis (FMEA), Pengendalian Kualitas, Statistical Process Control (SPC)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 18 Nov 2019 04:32
Last Modified: 18 Nov 2019 04:32
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14847

Actions (login required)

View Item View Item