PENURUNAN KADAR ASAM LEMAK BEBAS DAN BILANGAN PEROKSIDA PADA MINYAK JELANTAH MENGGUNAKAN ARANG AKTIF DARI CANGKANG BUAH KAWISTA (Limonia acidissima L.)

BRIANTARI, INDAH (2019) PENURUNAN KADAR ASAM LEMAK BEBAS DAN BILANGAN PEROKSIDA PADA MINYAK JELANTAH MENGGUNAKAN ARANG AKTIF DARI CANGKANG BUAH KAWISTA (Limonia acidissima L.). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI INDAH PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang penurunan kadar asam lemak bebas dan bilangan peroksida pada minyak jelantah menggunakan arang aktif dari cangkang buah kawista (Limonia acidissima L.). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik dari arang aktif cangkang buah kawista sesuai SNI No. 06- 3730-1995, mengetahui kondisi optimum adsorpsi arang aktif cangkang buah kawista serta mengetahui persentase penurunan bilangan peroksida dan asam lemak bebas pada minyak jelantah menggunakan arang aktif cangkang buah kawista. Metode yang digunakan pada pembuatan arang aktif cangkang buah kawista adalah metode aktivasi secara kimia menggunakan aktivator H3PO4 5 M, uji karakteristik meliputi penentuan kadar air, kadar abu, volatile matter, dan penentuan gugus fungsi menggunakan FTIR. Penentuan kadar asam lemak bebas dan bilangan peroksida menggunakan metode titrasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa arang aktif cangkang buah kawista yang diaktivasi dengan larutan H3PO4 5 M sudah memenuhi SNI No. 06-3730-1995 dengan kadar air sebesar 5,5 %, kadar abu 8 %, dan kadar volatile matter 4 %. Hasil identifikasi dengan spektrofotometer FTIR menunjukkan bahwa arang aktif cangkang buah kawista mengandung gugus O-H pada bilangan gelombang 3434,95 cm-1 , gugus ikatan C=C pada bilangan gelombang 1614,81 cm-1 , dan gugus C=C-H pada bilangan gelombang 878,9 cm-1 . Kondisi optimum untuk penurunan bilangan peroksida dan asam lemak bebas terjadi pada massa 1,5 gram, waktu 90 menit, dan suhu 25o C. Persentase penurunan bilangan peroksida dan asam lemak bebas setelah penambahan arang aktif cangkang buah kawista berturut-turut sebesar 50,74 % dan 33,33 %.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): asam lemak bebas, bilangan peroksida, minyak jelantah, arang aktif, cangkang buah kawista
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 18 Nov 2019 04:29
Last Modified: 18 Nov 2019 04:29
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14851

Actions (login required)

View Item View Item