EFISIENSI EKSTRAK KULIT BUAH MANGGIS SEBAGAI INHIBITOR KOROSI PADA BAJA RINGAN BERDASARKAN KAJIAN EKSPERIMEN DAN TEORITIS

RISNAWATI, RISNAWATI (2019) EFISIENSI EKSTRAK KULIT BUAH MANGGIS SEBAGAI INHIBITOR KOROSI PADA BAJA RINGAN BERDASARKAN KAJIAN EKSPERIMEN DAN TEORITIS. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Risnawati DOC.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Telah dilakukan penelitian efisiensi ekstrak kulit buah manggis sebagai inhibitor korosi pada baja ringan berdasarkan kajian eksperimen dan teoritis. Kajian eksperimen dilakukan dengan menentukan laju korosi menggunakan metode kehilangan berat (weight loss) dan kajian teoritis dengan menggunakan kimia komputasi. Tujuan dari penelitian ini adalah: untuk 1) mengetahui pengaruh variasi konsentrasi dan temperatur ekstrak kulit buah manggis terhadap laju korosi baja ringan dengan metode kehilangan berat (weight loss), 2) menentukan proses inhibisi korosi pada baja ringan dari ekstrak kulit buah manggis berdasarkan parameter termodinamika (Ea, ∆H, ∆S, dan ΔG0 ads), 3) menentukan senyawa pada ekstrak kulit buah manggis yang paling berperan aktif dalam proses inhibisi korosi berdasarkan parameter kuantum (EHOMO, ELUMO, IP, ΔN, dan χ). Pengujian laju korosi dilakukan pada waktu optimum 4 jam. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa laju korosi menurun seiring dengan bertambahnya konsentrasi yaitu 300, 400, dan 500 ppm, sebaliknya laju korosi meningkat seiring bertambahnya temperatur. Efisiensi inhibisi tertinggi terjadi pada konsentrasi 500 ppm dan temperatur 308 K yaitu sebesar 76,68 %. Dari parameter termodinamika diperoleh nilai Ea< 80 kJ/mol dan nilai ΔG0 ads < 20 kJ/mol yang menunjukkan reaksi fisisorpsi, ΔH positif reaksi berlangsung secara endoterm dan ΔG0 ads< 0 reaksi berlangsung secara spontan didukung ∆S yang bernilai positif. Adsorpsi yang terjadi membentuk lapisan multilayer dan bersifat heterogen berdasarkan persamaan adsorpsi isoterm Freundlich. Kajian teoritis dilakukan dengan kimia komputasi menggunakan metode DFT dan himpunan basis 6-311++G (d,p). Parameter kuantum menunjukkan senyawa yang paling berperan pada ekstrak kulit buah manggis dalam proses inhibisi korosi pada baja ringan adalah senyawa α-mangostin. Hal ini dilihat dari nilai EHOMO, potensial ionisasi (IP), transfer elektron (∆N), dan nilai elektronegativitas (χ) senyawa α-mangostin yang diperoleh secara berturut-turut -5.7514 eV, 5,7514 eV, 0,8102 eV dan 3,7191 eV.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Ekstrak kulit buah manggis, inhibitor korosi, weight Loss, DFT
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 18 Nov 2019 04:29
Last Modified: 18 Nov 2019 04:29
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14854

Actions (login required)

View Item View Item