Peranan Statistika dan Pengembangan Karakter dalam Menghadapi Tantangan Era Revolusi Industri 4.0 dan Big Data pada SMAN 1 Praya

Kurnia, Agus and Hadijati, Mustika and Komalasari, Desy and Fitriyani, Nurul Peranan Statistika dan Pengembangan Karakter dalam Menghadapi Tantangan Era Revolusi Industri 4.0 dan Big Data pada SMAN 1 Praya. Jurnal Gema Ngabdi (JGN). ISSN P-ISSN: 2656-6516, E-ISSN: 2656-8098 (Submitted)

[img] Text
Statistika dan Pengembangan Karakter di SMAN 1 Lingsar format ngabdi.docx

Download (2MB)
Official URL: http://gemangabdi.unram.ac.id/

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi memberikan perubahan terhadap setiap aspek kehidupan manusia diantaranya sosial, ekonomi, pendidikan dan juga perubahan industri yang sekarang masuk ke tahap 4.0. Era Revolusi Industri 4.0 ini identik dengan Internet of Thing yang menghasilkan data-data yang sangat banyak (Big Data) yang tidak bisa diolah dengan perangkat konvensional dan memerlukan analisis khusus. Perubahan ini menuntut adanya perubahan baik dalam ilmu pengetahuan, pendidikan, perubahan mental dan karakter agar bisa terus bersaing dengan dunia global khususnya generasi muda yang akan mengisi dunia industri kedepan. Permasalahannya muncul karena sebagian besar hasil pendidikan kurang memiliki link and match atau kecocokan baik antara pendidikan tinggi yang menyebabkan mahasiswa merasa salah menentukan jurusan maupun tidak cocoknya kebutuhan dan kemampuan mereka di dunia industri yang menyebabkan mereka susah mendapatkan pekerjaan. Oleh karena itu diperlukan upaya pembinaan agar para siswa bisa sadar dan mempersiapkan dirinya untuk meningkatkan kualitas dirinya baik dengan meningkatkan keterampilan (hardskills) maupun karakter (softskills) mereka sehingga mereka tahu jurusan yang sesuai dengan kebutuhan dan minta mereka dan memiliki kualitas yang dibutuhkan dunia industri saat ini. Kegiatan pengabdian ini dilakukan SMAN 1 Praya sebagai salah satu sekolah menengah atas terbaik dan menjadi sekolah rujukan di Nusa Tenggara Barat. Metode yang digunakan yaitu metode pembelajaran langsung yang dievaluasi dengan menggunakan teknik penilaian diri (self assesment) yang dilakukan oleh para siswa dengan menggunakan google form. Hasil evaluasi menunjukan adanya peningkatan pengetahuan siswa terhadap statistika dan pengembangan karakter yang dibutuhkan dalam menghadapi revolusi industri 4.0 dan Big Data setelah mereka mengikuti kegiatan pengabdian ini.

Item Type: Article
Keywords (Kata Kunci): Statistika, Pengembangan Karakter, Revolusi Industri 4.0, Big Data
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Mr. Agus Kurnia
Date Deposited: 08 Nov 2019 00:55
Last Modified: 08 Nov 2019 00:55
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14861

Actions (login required)

View Item View Item