KANDUNGAN NDF DAN ADF RUMPUT STAR GRASS YANG DIBERI BEBERAPA LEVEL PUPUK ORGANIK BERBASIS KOTORAN KUDA DI TECHNO PARK BANYUMULEK

HIDAYAT, TONI (2019) KANDUNGAN NDF DAN ADF RUMPUT STAR GRASS YANG DIBERI BEBERAPA LEVEL PUPUK ORGANIK BERBASIS KOTORAN KUDA DI TECHNO PARK BANYUMULEK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
COVER.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Hijauan makanan ternak adalah tumbuhan yang dapat dimakan dan diberikan kepada ternak, tidak bersifat merugikan atau beracun untuk kelangsungan hidup ternak, untuk mengetahui jenis-jenis makanan ternak perlu memperhatikan petunjuk yang digunakan adalah morfologis, botanis, dan agronominya. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tahapan dilapangngan meliputi penyiapan media tanam, pemupukan, penanaman, pemeliharaan, pemotongan paksa, pengukuran, perhitungan tanaman, pemanenan dan pengambilan sampel, dan tahapan dilaboratorium menggunakan metode (AOAC, 1990). Kemudian hasil penelitian menunjukkan bahwa kandungan NDF dan ADF pada rumput Star Grass yang diberi pupuk organik kotoran kuda berpengaruh nyata (P<0,05). Dimana kandungan NDF mengalami penurunan pada setiap perlakuan dari T0 (tanpa pupuk organik kotoran kuda) ke T1 = 2,5 %, T0 (tanpa pupuk organik kotoran kuda) ke T2 = 4,8 %, T0 (tanpa pupuk organik kotoran kuda) ke T3 = 6,5 % dan T0 (tanpa pupuk organik kotoran kuda) ke T4 = 7,9 %, dan kandungan ADF mengalami penurunan pada setiap perlakuan dari T0 (tanpa pupuk organik kotoran kuda) ke T1 = 3,1 %, T0 (tanpa pupuk organik kotoran kuda) ke T2= 4,9 %, T0 (tanpa pupuk organik kotoran kuda) ke T3= 6,3 % dan T0 (tanpa pupuk organik kotoran kuda) ke T4 = 8,0 %. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pemberian pupuk organik berbasis kotoran kuda dengan dosis yang berbeda berpengaruh nyata (P<0,05) terhadap kandungan NDF dan ADF pada rumput Rumput Star Grass (Cynodon plectostachyus), semakin tinggi dosis pupuk organik kotoran kuda yang diberikan semakin rendah pula kandungan NDF dan ADF Rumput Star Grass (Cynodon plectostachyus), dan kandungan NDF dan ADF Rumput star Grass yang dipupuk dengan pupuk organik kotoran kuda paling baik pada perlakuan T4 yaitu dengan dosis 400 kg N/ha.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Hijauan Makan Ternak, Rumput Star Grass, Pupuk Organik Kotoran Kuda, ADF dan NDF
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 14 Nov 2019 01:52
Last Modified: 14 Nov 2019 01:52
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14883

Actions (login required)

View Item View Item