PENGEMBANGAN PERMAINAN PETAK UMPET KATA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK MELATI INDAH TAHUN AJARAN 2019/2020

APRIANTI, NELI (2019) PENGEMBANGAN PERMAINAN PETAK UMPET KATA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK MELATI INDAH TAHUN AJARAN 2019/2020. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Permainan petak umpet kata merupakan permainan yang dikembangkan dan dimainkan dengan cara menyembunyikan kartu gambar untuk kelompok menang dan mencari kartu gambar untuk kelompok kalah kemudian menemukan kartu kata sesuai kartu gambar di dalam kotak. Kartu gambar dan kartu kata yang ditemukan ditempelkan di papan gantung. Penelitian ini mengembangkan permainan petak umpet kata dalam meningkatkan kemampuan membaca anak usia 5-6 tahun di TK Melati Indah Tahun Ajaran 2019/2020 sebagai tujuan akhirnya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan triangulasi. Data dianalisis secara kualitatif. Hasil dari uji ahli untuk pengembangan permainan petak umpet kata : pada aspek ketepatan, kegunaan, kelayakan tergolong tepat menurut dua ahli dan tidak tepat menurut satu ahli, berguna menurut tiga ahli, layak menurut dua ahli dan kurang layak menurut satu ahli. Hasil dari ujicoba permainan pada subyek dengan jumlah delapan orang anak usia 5-6 tahun menghasilkan perubahan langkah-langkah cara bermain agar lebih tepat dimainkan untuk anak. Berdasarkan uji efektivitas dalam mengukur kemampuan membaca anak usia 5-6 tahun, diperoleh hasil bahwa permainan ini mampu meningkatkan kemampuan membaca dengan kategori tinggi. Hasil uji efektivitas permainan secara kelompok menunjukkan bahwa 80% subyek mengalami peningkatan kemampuan membaca minimal dalam kategori tinggi sehingga permainan petak umpet kata dari hasil penelitian ini dapat meningkatkan kemampuan membaca anak usia 5-6 tahun.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): permainan petak umpet kata, kemampuan membaca
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 14 Nov 2019 01:45
Last Modified: 14 Nov 2019 01:45
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14914

Actions (login required)

View Item View Item