KORELASI PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS III SDN 46 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2019/2020

KHAIRUDDIN, NABILAH (2019) KORELASI PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS III SDN 46 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2019/2020. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NEW.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah masih kurangnya keterampilan berbicara siswakelas III di SDN 46 Mataram yang mengakibatkan kurangnya interaksi antara guru dan siswa didalam kelas, hal ini dikarenakan sikap siswa yang masih pasif dan memiliki keterampilan berbicara yang kurang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya korelasi antara penerapan metode bermain peran terhadap keterampilan berbicara siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian korelasi deskriptif, adapun populasi dalam penelitian ini adalah siswa SDN 46 Mataram dan sampel yaitu siswa kelas III SDN 46 Mataram yang berjumlah 30 orang. Untuk penentuan sampel digunakan Teknik nonprobablity sampling yaitu sampel jenuh. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan lembar instrument berupa observasi, angket, dan pedoman wawancara yang sudah divalidasi dan didokumentasi. Data dianalisis menggunakan rumus product moment korelasi. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan SPSS 16.0, didapatkan hasil penelitian bahwa adanya korelasi antara penerapan metode bermain peran terhadap keterampilan berbicara siswa dengan koefisien korelasi sebesar 0,613.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Bermain Peran, Keterampilan Berbicara
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 14 Nov 2019 01:45
Last Modified: 14 Nov 2019 01:45
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14915

Actions (login required)

View Item View Item