PENGARUH MODEL INDUKTIF KATA BERGAMBAR TERHADAP KETERAMPILAN BERCERITA KELAS III SDN DI GUGUS IV LABUAPI TAHUN AJARAN 2018/2019

Rahmawati, Fitria (2019) PENGARUH MODEL INDUKTIF KATA BERGAMBAR TERHADAP KETERAMPILAN BERCERITA KELAS III SDN DI GUGUS IV LABUAPI TAHUN AJARAN 2018/2019. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi fitria rahmawati_pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model induktif kata bergambar terhadap keterampilan bercerita kelas III SDN di gugus IV Labuapi tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis quasi eksperimen dan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasinya adalah seluruh siswa kelas III di gugus IV Labuapi. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling di SDN 2 Perampuan dengan kelas IIIA sebagai kelompok eksperimen, dan IIIB sebagai kelompok kontrol. Tehnik pengumpulan data menggunakan tes keterampilan bercerita secara langsung dan lembar observasi keterlaksanaan model induktif kata bergambar. Pengujian hipotesis menggunakan uji t sampel independen mendapatkan hasil thit sebesar -7,2218 dan ttab sebesar 1,6786. Nilai rata-rata keterampilan bercerita siswa pada kelompok eksperimen setelah diberi perlakuan adalah 76,04 dan pada kelompok kontrol adalah 55,03. Besarnya pengaruh model induktif kata bergambar terhadap keterempilan bercerita siswa adalah 2,08 dengan kategori tinggi. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah model induktif kata bergambar berpengaruh terhadap keterampilan bercerita siswa kelas III SDN di Gugus IV Labuapi Tahun Ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Induktif Kata Bergambar, Keterampilan Bercerita
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 14 Nov 2019 01:45
Last Modified: 14 Nov 2019 01:45
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14916

Actions (login required)

View Item View Item