Sosialisasi Personal Hygiene, Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Pada Anak-Anak Tingkat Sekolah Dasar Di Kelurahan Rembiga Kecamatan Selaparang, Mataram

Amaro, Moegiratul and widyastuti, Sri and Nazaruddin, nazaruddin and Handayani, Baiq Rien and Werdiningsih, Wiharyani and Ariyana, Mutia Devi (2019) Sosialisasi Personal Hygiene, Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Pada Anak-Anak Tingkat Sekolah Dasar Di Kelurahan Rembiga Kecamatan Selaparang, Mataram. universitas mataram. (Submitted)

[img] Text
RINGKASAN PENGABDIAN 2019.docx

Download (14kB)

Abstract

Permasalahan perilaku kesehatan pada anak usia sekolah dasar berkaitan dengan kebersihan perorangan (personal hygiene), lingkungan dan munculnya berbagai penyakit yang sering menyerang anak usia sekolah berkaitan dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Penyakit yang sering dihadapi anak sekolah dasar biasanya berkaitan dengan kebiasaan hidup bersih dan sehat, seperti kebiasaan cuci tangan pakai sabun, potong kuku, gosok gigi, dan membuang sampah sembarangan. Penerapan PHBS di sekolah merupakan kebutuhan mutlak seiring munculnya berbagai penyakit yang sering menyerang anak usia sekolah (6-12 tahun) seperti cacingan, diare, sakit gigi, sakit kulit, gizi buruk dan lain sebagainya. Kondisi sehat dapat dicapai dengan mengubah perilaku dari yang tidak sehat menjadi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan menciptakan lingkungan sehat di rumah tangga.. Oleh karena itu dalam pengabdian masyarakat ini sangat perlu sekali dilakukan sosialisasi tentang PHBS terutama pada anak-anak, dimana dalam hal ini yang menjadi fokus pengabdian adalah membentuk kebiasaan mencuci tangan yang benar menggunakan sabun. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini adalah ceramah dan diskusi, demonstrasi, praktek dan evaluasi. Ada 2 jenis evaluasi yang digunakan, pretest dan post test. Pre test dilakukan sebelum kegiatan dimulai dan post test dilakukan setelah kegiatan selesai dilaksanakan. Berdasarkan hasil evaluasi terdapat pengaruh yang signifikan terhadap pengetahuan dan ketrampilan siswa-siswa SDN 03 mataram dalam mencuci tangan yang baik dan benar menggunakan sabun.

Item Type: Other
Keywords (Kata Kunci): personal hygiene, cuci tangan, bersih, sehat
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Pangan dan Agroindustri
Depositing User: S.TP.,M.P. Moegiratul Amaro
Date Deposited: 14 Nov 2019 01:43
Last Modified: 14 Nov 2019 01:43
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14922

Actions (login required)

View Item View Item