PENINGKATAN PENDAPATAN USAHA MIKRO MELALUI EDUKASI DAN PENDAMPINGAN PEMASARAN DIGITAL PADA HOME INDUSTRY KOPI LOMBOK MAHIRA DI DESA SIGERONGAN LOMBOK BARAT

Lilik, Handajani and Akram, Akram and Ahmad, Rifai PENINGKATAN PENDAPATAN USAHA MIKRO MELALUI EDUKASI DAN PENDAMPINGAN PEMASARAN DIGITAL PADA HOME INDUSTRY KOPI LOMBOK MAHIRA DI DESA SIGERONGAN LOMBOK BARAT. Jurnal Abdi Insani Unram. ISSN 2356-2935 (Submitted)

Full text not available from this repository.

Abstract

Permasalahan mendasar dalam pengembangan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) adalah berkaitan dengan pemodalan, manajemen usaha, pengelolaan keuangan dan pemasaran produk yang dihasilkan. Diantara UMKM yang memiliki pangsa pasar luas, sebagian besar UMKM terutama pada skala usaha mikro pada industri rumahan (home industry) masih mengalami tantangan dalam memperoleh pendapatan dan meningkatkan penjualan karena cara pemasaran masih menggunakan metode konvensional yang mensyaratkan pertemuan penjual dan pembeli secara langsung. Metode pemasaran konvensional ini menyebabkan permasalahan dalam biaya operasional penjualan yang cukup tinggi, modal yang lambat berputar karena sistem penjualan menggunakan sistem konsinyasi sehingga uang kas baru diterima jika produk sudah terjual serta terhambatnya proses produksi karena menunggu ketersediaan dana untuk membeli bahan-bahan produksi. Usaha mikro Kopi Lombok Mahira merupakan usaha rumahan (home industry) yang berada di Desa Sigerongan Lombok Barat. Sebagai usaha yang mengusung produk unggulan daerah dengan merk Kopi Lombok Mahira masih mengandalkan cara-cara pemasaran tradisional untuk menjual produknya seperti melalui pameran, konsinyasi dan pembelian secara langsung. Dengan manajemen usaha yang dilakukan ini hasil penjualan relatif stagnan dan perputaran modal menjadi lambat sehingga menyebabkan potensi memperoleh pendapatan dan meraih pangsa pasar menjadi turun karena terhambatnya proses produksi karena menunggu berputarnya biaya produksi yang masih melekat pada produk yang belum terjual. Kegiatan pengabdian masyarakat kemitraan ini menawarkan pendekatan edukasi dan pendampingan pemasaran secara digital sebagai terobosan strategi pemasaran untuk menjual produk Kopi Lombok Mahira dengan memanfaatkan penggunaan teknologi. Hal ini karena pemasaran tradisional sudah tak lagi efektif bagi pasar yang sebagian besar masyarakat sudah beralih ke teknologi komunikasi terkini. Melalui pola bantuan pembuatan dan perancangan teknologi model pemasaran berbasis digital diharapkan dapat diadopsi oleh pelaku home industry sehingga mampu menggunakan secara mandiri dalam memasarkan produknya. Melalui perluasan metode pemasaran digital ini diharapkan akan terjadi peningkatan pendapatan yang diperoleh oleh para pelaku usaha mikro sehingga sektor UMKM dapat semakin berkembang. Adopsi model pemasaran digital akan didampingi dalam implementasinya menyesuaikan dengan keterpahaman dan kemampuan pengguna dalam pemanfaatannya sehingga hasil akhir diharapkan agar pelaku usaha mikro Kopi Lombok Mahira dan home industry lainnya dapat mengaplikasikan secara mandiri untuk mendukung pemasaran produk yang dihasilkan.

Item Type: Article
Keywords (Kata Kunci): pemasaran digital, Usaha Mikro, pendapatan
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Ekonomi
Depositing User: Lilik LH Handajani
Date Deposited: 13 Nov 2019 03:43
Last Modified: 13 Nov 2019 03:43
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14949

Actions (login required)

View Item View Item