PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN METODE BERBASIS PERTANYAAN SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD GUGUS V KECAMATAN SELAPARANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Septina, Andriana (2019) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN METODE BERBASIS PERTANYAAN SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD GUGUS V KECAMATAN SELAPARANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi ANDRIANA SEPTINA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif dengan metode berbasis pertanyaan siswa kelas IV SDN di gugus V Kecamatan Selaparang tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen dan desain penelitian nonequivalent control group design. Sample penelitian yaitu, SDN 3 Mataram sebagai kelas eksperimen dan SDN 30 Mataram sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar matematika dan lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif dengan metode berbasis pertanyaan siswa. Pengujian hipotesis menggunakan uji t sampel independent. Nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen setelah diberi perlakuan adalah 58,25 dan pada kelas kontrol rata-rata hasil belajar adalah 57,23. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah ada pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif dengan metode berbasis pertanyaan siswa kelas IV SDN di Gugus V Kecamatan Selaparang Tahun Ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Pembelajaran Kooperatof, Metode Berbasis Pertanyaan Siswa, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 18 Nov 2019 04:26
Last Modified: 18 Nov 2019 04:26
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14974

Actions (login required)

View Item View Item