PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN 5E TERHADAP KESADARAN METAKOGNITIF DAN SIKAP ILMIAH SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI MTsN 1 MATARAM

S U L V I A N A, A N I S (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN 5E TERHADAP KESADARAN METAKOGNITIF DAN SIKAP ILMIAH SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI MTsN 1 MATARAM. S1 thesis, UPT. Perpustakaan.

[img] Text
ARTIKEL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh model pembelajaran 5E terhadap kesadaran metakognitif dan sikap ilmiah siswa. Penelitian ini di lakukan dengan pola eksperimen semu dengan desain nonequivalent control group design. Populasi penelitian adalah: seluruh siswa kelas VIII MTsN 1 Mataram tahun ajaran 2016/2017. Sampel ditentukan dengan teknik Purposive Sampling sehingga didapatkan 72 siswa sebagai sampel kelas yaitu: kelas VIII-1 (36 siswa) sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-2 (36 siswa) sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah: MAI (Metacognitive Awareness Inventory) yang sudah diterjemahkan terdiri dari 52 butir pernyataan dan Angket Sikap Ilmiah yang terdiri dari 34 butir pernyataan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran 5E menunjukan perbedaan terhadap kesadaran metakognitif dan sikap ilmiah siswa sehingga dapat diambil keseimpulan bahwa: 1) model pembelajaran 5E berpengaruh positif terhadap kesadaran metakognitif siswa pada taraf signifikan 5% yaitu: (thitung= 3,90 > ttabel = 1,99) dan 2)model pembelajaran 5E berpengaruh positif terhadap sikap ilmiah siswa pada taraf signifikan 5% yaitu: (thitung= 3,97 > ttabel = 1,99).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): 5E, kesadaran metakognitif, sikap ilmiah
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 24 Feb 2018 06:58
Last Modified: 24 Feb 2018 06:58
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/1498

Actions (login required)

View Item View Item