Eco-Movement Berbasis Dakwah Lingkungan Di Yayasan Darul Yatama Walmasakin Jerowaru Melalui Media Teknologi Informatika

Sukartono, Sukartono and Suwardji, Suwardji and Hari Kusumo, Bambang and Lalu, Arifin Ariabakti and Putrawan, Habibi Eco-Movement Berbasis Dakwah Lingkungan Di Yayasan Darul Yatama Walmasakin Jerowaru Melalui Media Teknologi Informatika. Eco-Movement Berbasis Dakwah Lingkungan Di Yayasan Darul Yatama Walmasakin Jerowaru Melalui Media Teknologi Informatika.

[img] Video (Video Dakwah)
DAKWAH LINGKUNGAN DINAMIKA KARBON PSIT UNRAM 2019.mp4

Download (8MB)
[img] Other (Eco-Movement Berbasis Dakwah Lingkungan Di Yayasan Darul Yatama Walmasakin Jerowaru Melalui Media Teknologi Informatika)
Eco

Download (106kB)

Abstract

Permasalahan kerusakan lahan dan lingkungan merupakan salah satu isu penting yang dihadapi Indonesia dalam agenda pembangunan yang berkelanjutan (SDGs). Pada saat ini telah terjadi kerusakan lahan dan hutan di mana mana di Indonesia termasuk di Provinsi Nusa Tenggara Barat yang mencapai 56.000 ha setiap tahunnya dan belum ada strategi yang efektif dan efisient untuk mengatasinya. Kemampuan pemerintah untuk melakukan rehabilitasi hutan dan lahan masih sangat jauh dengan laju kerusakan hutan dan lahan yang terjadi di Provinsi NTB. Pengabdian Masyarakat dilakukan untuk mendokumentasikan dan memviralkan ajaran Almarhum TGH Sibawaihi dalam membangun gerakan lingkungan (Eco Movement) dalam relabilitasi hutan dan lahan dalam upaya meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pelestarian lingkungan melalui Yayasan Darul Yatama Wal Masakin (Yadama), Jeruwaru Lombok Timur. Belajar dari nilai-nilai dakwah yang telah diajarkan oleh Almarhum TGH Sibawaihi akan dikembangkan kurikulum pembelajaran di Yadama melalui inovasi pembelajaran menggunakan teknologi informasi dan komputer sebagai media untuk menyebar luaskan nilai-nilai ajaran dan kampanye untuk menjelaskan tentang pentingnya pelestarian hutan, lahan dan lingkungan yang akan disampaikan dalam tiga bahasa pengantar yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Arab dan Bahasa Inggris. Kemudian langkah terakhir adalah dengan menciptakan fondasi sekolah hijau sebagai contoh nyata dalam upaya pelestarian hutan, lahan dan lingkungan di tingkat sekolah melalui integrasi dakwah lingkungan dan kurikulum. Dengan demikian, maka diharapkan dapat tercipta kampanye rehabilitasi hutan, lingkungan dan lingkungan yang lebih luas kepada masyarakat, sehingga lebih banyak orang yang akan sadar akan pentingnya melindungi hutan, lahan dan lingkungan serta dapat mengurangi jumlah manusia yang merusak lingkungannya sendiri. Jurusan Ilmu Tanah Fakultas Pertanian Universitas Mataram berperan dalam rangka transfer ilmu pengetahuan dan teknologi dengan menyediakan tenaga ahli dalam pengelolaan hutan, lingkungan dan lingkungan hidup kelompok peneliti bidang ilmu dinamika karbon melalui Program Pengabdian Kepada Masyarakat. Program ini juga bertujuan untuk mewujudkan visi dan misi Jurusan Ilmu Tanah Fakultas Pertanian Universitas Mataram menuju persaingan global 2025 dengan mengangkat isu-isu global yakni perubahan iklim dan teknologi digital.

Item Type: Article
Keywords (Kata Kunci): Eco movement, Ajaran TGH Sibawai Pelestarian Lingkungan, Kurikulum Lingkungan di Pondok Pesantren
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Muh Ardian Wahyudi
Date Deposited: 15 Nov 2019 01:01
Last Modified: 15 Nov 2019 01:01
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14993

Actions (login required)

View Item View Item