Workshop Penguatan Peran dan Strategi Calon Aparatur Pemerintah Daerah NTB Dalam Kerjasama Internasional Untuk Pembangunan Berkelanjutan

Anam, Syaiful and WAHYUDDIN, WAHYUDDIN and Rustam, Ismah and Mardialina, Mala Workshop Penguatan Peran dan Strategi Calon Aparatur Pemerintah Daerah NTB Dalam Kerjasama Internasional Untuk Pembangunan Berkelanjutan. In: Workshop, November, IPDN NTB.

[img] Text
Full Paper Semnaskom.doc

Download (781kB)

Abstract

Semenjak digulirkannya kebijakan otonomi daerah di era reformasi hal ini memperlihatkan bahwa daerah, dalam hal ini baik pemerintah kota, kabupaten, maupun provinsi memiliki peran dan andil penuh dalam mengelola pembangunan daerahnya masing-masing untuk kemajuan daerah dan masyarakatnya. Selain itu pula, hal ini juga memperlihatkan bahwa Pemerintah Daerah telah menjadi aktor penting dalam hubungan internasional dimana pada lini-lini tertentu secara legal memiliki hak untuk melakukan kerjasama internasional dengan pihak asing baik itu investor asing maupun pemerintah dari negara mitra kerjasama dengan tujuan untuk kemajuan daerah tersebut. Lebih dari itu, peran strategis Pemda (kota/kabupaten/provinsi) telah diakui dalam KTT Bumi (Earth Summit) di Rio de Jeneiro tahun 1992 melalui Deklarasi Rio dan Agenda 21-nya yang mana secara ekspisit menyatakan bahwa permasalahan global dan kaitannya antara pembangunan dengan lingkungan memerlukan tindakan yang berakar dari partisipasi agen-agen lokal (local agents) yang berarti bahwa kota-kota dalam hal ini menjadi pemain kunci dalam mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan. Untuk mewujudkan pembangunan berkelanjutan, khususnya pada sektor pariwisata, ditengah arus globalisasi dan regionalisasi ini karena itu dituntut sebuah pemerintah daerah yang proaktif dan memiliki strategi dalam menjalin mitra dalam bentuk kerjasama internasional. Beranjak dari situasi ini maka Pengabdian Masyarakat kali ini berusaha untuk memberikan suatu penguatan peran dan strategi Dalam Kerjasama Internasional Untuk Pariwisata Berkelanjutan bagi praja IPDN di Praya Lombok Tengah. Mengapa kami memilih praja IPDN karena mereka ini nantinya yang akan meneruskan tongkat estafet pembangunan pemerintah daerah di NTB sehingga perlu bagi mereka untuk mendapatkan wawasan dan ilmu mengenai peran dan strategi apa yang diperlukan Pemerintah kota/kabupaten yang ada di NTB untuk dapat meningkatkan kerjasama internasional dan membangun pariwisata daerah yang berkelanjutan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords (Kata Kunci): Kerjasama Internasional, Pembangunan Berkelanjutan, Calon Aparatur Pemerintah Daerah
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Depositing User: Mr Syaiful Anam
Date Deposited: 18 Nov 2019 04:26
Last Modified: 18 Nov 2019 04:26
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14999

Actions (login required)

View Item View Item