Pendidikan Politik Pembangunan : Telaah Rezim Sustainable Development Goals (SDGS) Pada Calon Aparatur Pemerintah Daerah (Institut Pemerintahan Dalam Negeri Kampus NTB)

Hidayat, Alfian Pendidikan Politik Pembangunan : Telaah Rezim Sustainable Development Goals (SDGS) Pada Calon Aparatur Pemerintah Daerah (Institut Pemerintahan Dalam Negeri Kampus NTB). Technical Report. IJSP, Proseding. (Submitted)

[img] Text
LAPORAN AKHIR PENGABDIAN 2019.docx

Download (3MB)

Abstract

Kegiatan pengabdian ditujukan untuk memberikan pemahaman serta pendalam kepada calon aparatur negara (praja IPDN) mengenai strategi implementasi SDG’s (Sustainable Development Goals) terhadap 3 sektor pembangunan yakni sosial ekonomi dan lingkungan. Tahun 2015 kesepakatan global mengenai pembangunan telah dirumuskan pada United Nation Sustainable Development Summit dengan 17 tujuan pembangunan global. Dalam mewujudkan Pembangunan yang Berkelanjutan ditengah arus globalisasi dan regionalisasi menuntut sebuah pemerintah daerah yang proaktif dan memiliki strategi dalam menjalin mitra dalam bentuk kerjasama internasional. Kesuksesan pencapaian SDGs akan bergantung pada kemitraan global yang inklusif dengan keterlibatan aktif dari pemerintah baik pusat maupun daerah (kota/kabuptaten/provinsi) dengan masyarakat sipil, sektor swasta, lembaga filantropi, akademisi dan lembaga-lembaga PBB. Kegiatan pengabdian ini memberikan pendalaman mengenai SDGs pada aspek sosial dengan menekankan pada isu kesataraan gender, selanjutnya pada aspek ekonomi menekankan isu pertumbuhan ekonomi dan inovasi (melalui pendekatan Global Value Chain), terkahir pada aspek lingkungan menekankan pada isu perubahan iklim. Metode kegiatan ini diselenggarakan dengan model workshop dengan pemberian materi di dalam kelas.

Item Type: Monograph (Technical Report)
Keywords (Kata Kunci): Sustainbale Development Goals, inklusifitas, Aparatur Pemerintah, gender, Global Value Chain
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Program Studi Hubungan Internasional
Depositing User: Alfian Hidayat
Date Deposited: 18 Nov 2019 04:26
Last Modified: 18 Nov 2019 04:26
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15000

Actions (login required)

View Item View Item