INVESTIGASI AERODINAMIS AIRFOIL WORTMANN FX63-137 UNTUK TURBIN ANGIN HAWT PADA BERBAGAI REYNOLD NUMBER MENGGUNAKAN AUTODESK CFD INVESTIGASI AERODINAMIS AIRFOIL WORTMANN FX63-137 UNTUK TURBIN ANGIN HAWT PADA BERBAGAI REYNOLD NUMBER MENGGUNAKAN AUTODESK CFD INVESTIGASI AERODINAMIS AIRFOIL WORTMANN FX63-137 UNTUK TURBIN ANGIN HAWT PADA BERBAGAI REYNOLD NUMBER MENGGUNAKAN AUTODESK CFD

Ansori, Muammil Ansori Muammil Ansori Muammil (2019) INVESTIGASI AERODINAMIS AIRFOIL WORTMANN FX63-137 UNTUK TURBIN ANGIN HAWT PADA BERBAGAI REYNOLD NUMBER MENGGUNAKAN AUTODESK CFD INVESTIGASI AERODINAMIS AIRFOIL WORTMANN FX63-137 UNTUK TURBIN ANGIN HAWT PADA BERBAGAI REYNOLD NUMBER MENGGUNAKAN AUTODESK CFD INVESTIGASI AERODINAMIS AIRFOIL WORTMANN FX63-137 UNTUK TURBIN ANGIN HAWT PADA BERBAGAI REYNOLD NUMBER MENGGUNAKAN AUTODESK CFD. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TUGAS AKHIR MUAMMIL ANSORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Dengan perkembangan dalam penelitian menggunakan komputasi baik perkembangan dalam berbagai analisa turbulensi model yang sudah berkembang sekarang ini dan sudah diterapkan pada berbagai program package CFD maka rentang boundary condition suatu simulasi dapat dibuat sesuai dengan tujuan yang kita inginkan. Mengingat aliran dalam pengujian airfoil untuk pemanfaatan blade turbin angin pada Reynold number rendah begitu sukar dilakukan dengan menggunakan pengujian wind tunnel, maka dengan metode Computational Fluid Dynamic (CFD) akan dapat dilakukan lebih fleksibel dalam penentuan rentang boundary conditionnya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Reynold number terhadap perilaku stall airfoil dan parameter aerodinamis seperti gaya lift, gaya drag, koefisien lift, koefisien drag, dan L/D. Penelitian ini menggunakan metode simulasi dengan sofware Autodesk CFD untuk menganalisa aliran pada airfoil. Dari hasil penelitian yang dilakukan dengan simulasi CFD didapatkan perilaku stall pada masing-masing Reynold number berada pada sudut serang yang sama yaitu 24o . Kemudian nilai gaya lift dan drag dipengaruhi oleh Reynold number dimana semakin besar Reynold number maka gaya lift dan gaya drag semakin besar. Reynold number tidak terlalu mempengaruhi peningkatan nilai koefisien lift, koefisien drag, dan L/D.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Airfoil, CFD, Reynold number, gaya lift, gaya drag.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 18 Nov 2019 04:25
Last Modified: 18 Nov 2019 04:25
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15007

Actions (login required)

View Item View Item