PENGARUH PENGGUNAAN PLASTIK PVC TERHADAP KINERJA CAMPURAN ASPAL BETON (AC-WC) Effect of Using Waste PVC on the Performance of Asphalt Concrete Wearing Course

Rozy, Fahrur (2019) PENGARUH PENGGUNAAN PLASTIK PVC TERHADAP KINERJA CAMPURAN ASPAL BETON (AC-WC) Effect of Using Waste PVC on the Performance of Asphalt Concrete Wearing Course. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TUGAS AKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Kerusakan jalan dapat disebabkan oleh penggunaan agregat dan aspal yang tidak sesuai spesifikasi. Parameter titik lembek aspal sering kali tidak memenuhi persyaratan minimum. Aspal yang tidak sesuai spesifikasi tersebut dapat diperbaiki sifat fisiknya dengan memberikan bahan tambah. Salah satu bahan tambah untuk memodifikasi aspal adalah PVC. PVC dapat menaikkan titik lembek aspal sehingga perlu dilakukan penelitian tentang pengaruh penggunaan aspal yang dimodifikasi dengan PVC terhadap kinerja campuran aspal beton. Metode yang digunakan yaitu eksperimen, dimana dibuat 15 benda uji menggunakan aspal pen 60/70 untuk menentukan kadar aspal optimum (KAO), diperoleh kadar aspal optimum (KAO) sebesar 6%. Pembuatan benda uji berdasarkan kadar aspal optimum (KAO) dengan aspal modifikasi PVC menggunakan variasi kadar PVC 0%, 1%, 2%, 3% dan 4%. Analisa data dilakukan dari hasil pemeriksaan volumetrik yang meliputi VIM, VMA dan VFB, serta pengujian marshall untuk mendapatkan data stabilitas dan flow. Hasil pengujian volumetrik dan marshall menunjukkan bahwa nilai VIM, VMA, stabilitas dan MQ meningkat, sedangkan nilai VFB dan flow menurun. Perubahan nilai tersebut masih memenuhi spesifikasi Bina Marga, sehingga perlu dilakukan pengujian marshall immersion. Indeks kekuatan sisa terbesar dihasilkan dari campuran dengan aspal modifikasi PVC 3% dengan nilai stabilitas sisa sebesar 2339,75 kg. Nilai tersebut mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan stabilitas sisa campuran dengan aspal pen 60/70 tanpa PVC yaitu sebesar 2121,98 kg.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): aspal modifikasi , PVC, Aspal beton.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 18 Nov 2019 04:24
Last Modified: 18 Nov 2019 04:24
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15014

Actions (login required)

View Item View Item