PENGARUH PENGGUNAAN SERBUK KACA DAN SILICA FUME SEBAGAI PENGGANTI SEBAGIAN SEMEN PADA BETON MUTU TINGGI The Effects of Waste Glass Powder and Silica Fume as Partial Replacement of Cement on High Strength Concrete

HARIYANTI, YOLANDA WIDYA (2019) PENGARUH PENGGUNAAN SERBUK KACA DAN SILICA FUME SEBAGAI PENGGANTI SEBAGIAN SEMEN PADA BETON MUTU TINGGI The Effects of Waste Glass Powder and Silica Fume as Partial Replacement of Cement on High Strength Concrete. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Tugas Akhir Yolanda Widya.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dibidang struktur terutama pada bangunan bertingkat tinggi dan jembatan berbentang panjang, maka diperlukan beton mutu tinggi sebagai bahan konstruksi dengan kuat tekan yang lebih besar. Salah satu senyawa kimia penyusun beton mutu tinggi, yaitu Si (silica) yang merupakan salah satu senyawa kimia utama yang diperlukan pada peningkatan mutu beton. Penggunaan silica fume dan serbuk kaca berpotensi digunakan sebagai pengganti sebagian semen karena mengandung silica yang cukup tinggi. Selain itu, penggunaaan serbuk kaca juga dapat mengurangi pencemaran lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan serbuk kaca dan silica fume sebagai pengganti semen terhadap sifat mekanik beton mutu tinggi. Penelitian ini diawali dengan pengujian pendahuluan terhadap agregat dan serbuk kaca. kemudian dilakukan perhitungan mix design yang mengacu kepada SNI 7656-2012 dengan kuat tekan beton yang direncanakan adalah 50 MPa. Pada penelitian ini digunakan serbuk kaca dengan variasi 0%, 5%, 10% dan 15% dengan silica fume konstan 10% dari berat. Pengujian sifat mekanik beton yang dilakukan yaitu kuat tekan, kuat tarik belah, kuat lentur dan kuat geser. Variasi benda uji yang digunakan, yaitu benda uji silinder berukuran 30 cm x 15 cm sebanyak 30 sampel untuk uji tekan dan uji tarik, 150 cm x 150 cm x 530 cm sebanyak 15 sampel untuk modulus runtuh dan 200 cm x 75 cm x 300 cm sebanyak 15 sampel untuk uji geser. Masing-masing sampel akan diuji pada umur beton 28 hari. Penggunaan serbuk kaca dan silica fume sebagai pengganti sebagian semen pada beton mutu tinggi dapat meningkatkan mutu beton dibandingkan dengan beton mutu tinggi tanpa serbuk kaca dan silica fume. Hal ini ditunjukan dari peningkatan nilai kuat tekan beton dengan silica fume 10% sebesar 53,95 MPa dan persentase peningkatan 3,91%. Pada pengujian kuat tekan dan kuat tarik belah, proporsi maksimum terjadi pada penggunaan serbuk kaca 5% dan silica fume 10% berturut- turut 60,64 MPa dan 6,09 MPa dengan persentase peningkatan sebesar 12,41% dan 2,17%. Sedangkan modulus runtuh dan kuat geser maksimum didapatkan pada variasi serbuk kaca 10% dan silica fume 10% berturut-turut 6,11 MPa dan 21,53 MPa dengan persentase peningkatan sebesar 11,79% dan 24,70%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Beton Mutu Tinggi, Serbuk Kaca, Silica Fume, Sifat Mekanik Beton
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 18 Nov 2019 04:24
Last Modified: 18 Nov 2019 04:24
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15017

Actions (login required)

View Item View Item