ANALISIS DAN PERENCANAAN SISTEM DRAINASE JALAN SURANADI KECAMATAN NARMADA KABUPATEN LOMBOK BARAT Analysis And Design Of Suranadi Road Drainage System, Narmada Sub- District, West Lombok Regency

Luvitasyari, Tirta Intan (2019) ANALISIS DAN PERENCANAAN SISTEM DRAINASE JALAN SURANADI KECAMATAN NARMADA KABUPATEN LOMBOK BARAT Analysis And Design Of Suranadi Road Drainage System, Narmada Sub- District, West Lombok Regency. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Tugas Akhir Tirta Intan Luvitasyari.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (39MB)

Abstract

Desa Suranadi Kecamatan Narmada adalah daerah pegunungan yang termasuk daerah wisata yang paling unggul di Kabupaten Lombok Barat. Wilayah Suranadi memiliki permasalah dan saluran jalan yang tidak mampu menampung debit banjir akibat limpasan air hujan tepatnya dari jalan Pemengkolan Selat hingga plang Lesehan Taufik II yang memiliki Panjang 3.5 Km. Genangan air tersebut sangat mengganggu sistem transportasi sehingga sering terjadi kecelakaan. Salah satu cara untuk menanggulangi permasalah genangan tersebut yaitu diperlukan saluran drainase jalan yang tepat. Perencanaan ini menggunakan data curah hujan maksimum harian tahunan selama 10 tahun yaitu tahun 2009 sampai tahun 2018. Data yang ada sudah melalui tahap uji konsistensi dengan metode Rescaled Adjusted Partial Sums (RAPS) dan dinyatakan konsisten. Proses perencanaan menggunakan persamaan – persamaan umum untuk perencanaan saluran drainase yang meliputi rumus Monolobe, rumus Manning, dan rumus – rumus lainnya. Sedangkan perhitungan Rencana Anggaran Biaya menggunakan Standar Satuan Harga terbaru 2018. Untuk rencana saluran drainase di jalan Suranadi menggunakan Beton U- Ditch dengan tiga tipe dimensi 50 x 50 cm, 80 x 80 cm, 100 x 100 dan 2 type bentuk gorong-gorong Box Culvert yaitu dimensi 50 x 50 cm dan 80 x 80 cm. Rencana anggaran biaya untuk pembangunan saluran ini sebesar Rp.14,919,000,000 (Empat belas miliar sembilan ratus sembilan puluh sembilan juta rupiah).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Saluran jalan, drainase, Genangan
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 18 Nov 2019 04:24
Last Modified: 18 Nov 2019 04:24
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15018

Actions (login required)

View Item View Item