PENGARUH SERBUK LIMBAH PLASTIK HDPE SEBAGAI PENGGANTI SEBAGIAN PASIR TERHADAP SIFAT FISIK DAN MEKANIK PAVING BLOCK The Effect of HDPE Plastic Waste Crumb as Partial Replacement of Sand on the Physical and Mechanical Properties of Paving Block

Utami, Dewi Ardianti (2019) PENGARUH SERBUK LIMBAH PLASTIK HDPE SEBAGAI PENGGANTI SEBAGIAN PASIR TERHADAP SIFAT FISIK DAN MEKANIK PAVING BLOCK The Effect of HDPE Plastic Waste Crumb as Partial Replacement of Sand on the Physical and Mechanical Properties of Paving Block. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TUGAS AKHIR DEWI ARDIANTI UTAMI (F1A015034).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Berdasarkan data dari Sistem Pengelolaan Sampah Nasional Tahun 2018 jumlah sampah yang ditimbulkan di Kota Mataram mencapai 408 ton/ hari yang terdiri dari berbagai jenis sampah, diantaranya sampah plastik menyumbang sebesar 10,04% dari total sampah yang ada di Kota Mataram. Salah satu jenis sampah plastik adalah HDPE (High Density Polyethylene) yang susah terurai secara alami. Oleh sebab itu diperlukan suatu upaya untuk mengurangi limbah plastik tersebut dengan cara menggunakannya sebagai bahan pengganti sebagian pasir pada paving block. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen di Laboratorium dengan melakukan variasi penggantian sebagian pasir dengan serbuk plastik HDPE sebesar 0%, 2,5%, 5%, 7,5%, 10% dan 12,5% terhadap volume pasir, dengan perbandingan campuran antara semen dan pasir yang digunakan adalah 1:4. Benda uji yang digunakan berbentuk persegi panjang dengan ukuran 200 mm x 100 mm x 80 mm untuk pengujian kuat tarik belah, daya serap air, dan pengujian ketahanan impact, sedangkan untuk pengujian kuat tekan digunakan benda uji berbentuk kubus dengan ukuran 80 mm x 80mm x 80 mm dan diuji pada umur paving block 28 hari. Dari hasil penelitian didapatkan nilai daya serap air optimum diperoleh pada paving block normal (0% HDPE) dengan nilai daya serap air sebesar 5,69%. Nilai kuat tekan maksimum diperoleh pada proporsi penambahan serbuk plastik HDPE 2,5% yaitu sebesar 39,06 MPa. Nilai kuat tarik belah maksimum diperoleh pada proporsi penambahan serbuk plastik HDPE sebesar 5% yaitu sebesar 1,61 MPa. Nilai ketahanan impact maksimum pada kondisi retak dan pecah diperoleh pada paving block dengan proporsi penambahan serbuk plastik HDPE sebesar 7,5% dimana nilai impact yang dihasilkan pada kondisi retak sebesar 152,652 Joule, dan pada kondisi pecah sebesar 173,006 Joule. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa nilai daya serap air terendah terjadi pada proporsi 0% HDPE, sedangkan proporsi optimum untuk kuat tekan, tarik belah dan impact berada pada kisaran 2,5%-7,5% penambahan serbuk plastik HDPE.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Berdasarkan data dari Sistem Pengelolaan Sampah Nasional Tahun 2018 jumlah sampah yang ditimbulkan di Kota Mataram mencapai 408 ton/ hari yang terdiri dari berbagai jenis sampah, diantaranya sampah plastik menyumbang sebesar 10,04% dari total sampah yang ada di Kota Mataram. Salah satu jenis sampah plastik adalah HDPE (High Density Polyethylene) yang susah terurai secara alami. Oleh sebab itu diperlukan suatu upaya untuk mengurangi limbah plastik tersebut dengan cara menggunakannya sebagai bahan pengganti sebagian pasir pada paving block. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen di Laboratorium dengan melakukan variasi penggantian sebagian pasir dengan serbuk plastik HDPE sebesar 0%, 2,5%, 5%, 7,5%, 10% dan 12,5% terhadap volume pasir, dengan perbandingan campuran antara semen dan pasir yang digunakan adalah 1:4. Benda uji yang digunakan berbentuk persegi panjang dengan ukuran 200 mm x 100 mm x 80 mm untuk pengujian kuat tarik belah, daya serap air, dan pengujian ketahanan impact, sedangkan untuk pengujian kuat tekan digunakan benda uji berbentuk kubus dengan ukuran 80 mm x 80mm x 80 mm dan diuji pada umur paving block 28 hari. Dari hasil penelitian didapatkan nilai daya serap air optimum diperoleh pada paving block normal (0% HDPE) dengan nilai daya serap air sebesar 5,69%. Nilai kuat tekan maksimum diperoleh pada proporsi penambahan serbuk plastik HDPE 2,5% yaitu sebesar 39,06 MPa. Nilai kuat tarik belah maksimum diperoleh pada proporsi penambahan serbuk plastik HDPE sebesar 5% yaitu sebesar 1,61 MPa. Nilai ketahanan impact maksimum pada kondisi retak dan pecah diperoleh pada paving block dengan proporsi penambahan serbuk plastik HDPE sebesar 7,5% dimana nilai impact yang dihasilkan pada kondisi retak sebesar 152,652 Joule, dan pada kondisi pecah sebesar 173,006 Joule. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa nilai daya serap air terendah terjadi pada proporsi 0% HDPE, sedangkan proporsi optimum untuk kuat tekan, tarik belah dan impact berada pada kisaran 2,5%-7,5% penambahan serbuk plastik HDPE.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 18 Nov 2019 04:24
Last Modified: 18 Nov 2019 04:24
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15020

Actions (login required)

View Item View Item