MODEL EKSPERIMENTAL PENGARUH VARIASI CAMPURAN BUTIRAN TERHADAP PEMBENTUKAN LAPISAN ARMOURING DAN POLA GERUSAN DASAR PADA SALURAN BERBELOK Eksperimental Model the Effect of Grain Mixture Variation on the Formation of Armouring Layers and Bedform on Bending Channel

SATRIANI, BAIQ NANY (2019) MODEL EKSPERIMENTAL PENGARUH VARIASI CAMPURAN BUTIRAN TERHADAP PEMBENTUKAN LAPISAN ARMOURING DAN POLA GERUSAN DASAR PADA SALURAN BERBELOK Eksperimental Model the Effect of Grain Mixture Variation on the Formation of Armouring Layers and Bedform on Bending Channel. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi nanik.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)

Abstract

Pada belokan sungai terjadi peningkatan kecepatan aliran sehingga gerusan dan endapan meningkat. Dasar sungai dengan berbagai macam variasi butiran memiliki kemampuan untuk mempertahankan konfigurasinya sendiri dengan adanya pembentukan lapisan armouring. Lapisan armouring merupakan lapisan yang terdiri atas butiran sedimen yang tertinggal di dasar sungai selama proses aliran. Mengingat bahwa lapisan armouring memiliki peranan dalam menjaga kestabilan sungai, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi campuran butiran terhadap pembentukan lapisan armouring dan pola gerusan dasar pada saluran berbelok. Penelitian ini dilakukan dengan uji model eksperimental di laboratorium menggunakan saluran beton berbentuk persegi panjang dengan sudut belokan 135o dan dimensi panjang (as saluran) 8,06m, lebar 0,5m, dan tinggi 0,5m. Percobaan dilakukan sebanyak 15 kali yang terdiri atas 3 variasi ukuran butiran dan 5 variasi debit aliran. Selanjutnya dilakukan uji gradasi dan berat jenis sedimen. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sedimen armouring tersusun dari sedimen dengan sebaran butiran yang lebih beragam (well graded) dengan berat jenis 18,41% lebih besar dari sedimen terangkut (bedload). Variasi campuran butiran berpengaruh terhadap jumlah angkutan sedimen dimana semakin tinggi kadar kerikil pada sedimen dasar menghasilkan lebih sedikit angkutan sedimen. Volume angkutan sedimen terbesar adalah 1,62 x 10-5 m3/dt/m terjadi pada variasi dasar 10% kerikil dan 90% pasir sebaliknya angkutan sedimen terkecil yaitu 1,52 x 10-5 m3/dt/m pada sedimen dasar 50% kerikil 50% pasir. Semua variasi butiran menghasilkan pola konfigurasi dasar yang sama yaitu bedform tipe ripples.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): armouring, belokan, ukuran butiran, pola gerusan
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 18 Nov 2019 04:24
Last Modified: 18 Nov 2019 04:24
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15021

Actions (login required)

View Item View Item