ANALISIS KEKERINGAN MENGGUNAKAN METODE PALMER DROUGHT SEVERITY INDEX (PDSI) DAN THORNTHWAITE-MATHER DI KABUPATEN DOMPU Analysis of Drought using Palmer Drought Severity Index (PDSI) and Thornthwaite-Mather Methods in Dompu Districts

IRLIANA, WULAN (2019) ANALISIS KEKERINGAN MENGGUNAKAN METODE PALMER DROUGHT SEVERITY INDEX (PDSI) DAN THORNTHWAITE-MATHER DI KABUPATEN DOMPU Analysis of Drought using Palmer Drought Severity Index (PDSI) and Thornthwaite-Mather Methods in Dompu Districts. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Masalah kekeringan pada saat musim kemarau panjang menjadi hal rutin yang terjadi setiap tahunnya di Indonesia. Pada saat musim kemarau di beberapa daerah akan mengalami kesulitan untuk mendapatkan air untuk kebutuhan sehari- hari. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Nusa Tenggara Barat, mencatat ada 16 desa di Dompu yang terdampak kekeringan dari 7 kecamatan. Kekeringan itu meliputi 4.154 kepala keluarga (KK) terdampak dan 13.495 jiwa terdampak (BPBD Provinsi NTB, 2018). Metode yang digunakan adalah metode Palmer Drought Severity Index (PDSI) dan Thornthwaite-Mather. kedua metode ini tidak hanya menggunakan curah hujan untuk menentukan indeks kekeringan, tapi juga menggunakan temperatur udara sebagai faktor iklim dan data tanah wilayah sekitar. Hasil perhitungan dengan menggunakan metode Palmer Drought Severity Index (PDSI) indeks kekeringan terparah terjadi di Stasiun Dompu dengan nilai indeks -6,90. Sedangkan dengan menggunakan metode Thornthwaitte-Mather indeks kekeringan terparah terjadi di Stasiun Pekat dengan nilai indeks 147,64%. Dari hasil verifikasi antara metode Palmer Drought Severity Index (PDSI) dan Thornthwaite-Mather dengan data history BPBD menunjukan rata rata presentase BPBD-PDSI 82,87% dan Thornthwaitte-Mather-BPBD 75,46%. Dari hasil yang didapat menunjukkan bahwa kedua metode cukup akurat dan dapat diterapkan di Kabupaten Dompu.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kekeringan, PDSI, Thornthwaite-Mather
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 18 Nov 2019 04:23
Last Modified: 18 Nov 2019 04:23
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15024

Actions (login required)

View Item View Item