PERENCANAAN ULANG STRUKTUR ATAS JEMBATAN KESEJAHTERAAN DENGAN MENGGUNAKAN BOX GIRDER BETON PRATEGANG BENTANG TUNGGAL Redesign the Structure of Kesejahteraan Bridge Using Singel Span Prestressed Concrete Box Girder

HAQIQAH, ZAHRATUL (2019) PERENCANAAN ULANG STRUKTUR ATAS JEMBATAN KESEJAHTERAAN DENGAN MENGGUNAKAN BOX GIRDER BETON PRATEGANG BENTANG TUNGGAL Redesign the Structure of Kesejahteraan Bridge Using Singel Span Prestressed Concrete Box Girder. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Jembatan kesejahteraan adalah Jembatan yang menghubungkan kota Mataram dengan Lembar. Jembatan saat ini memiliki bentang yang terbagi menjadi 2 yaitu 25m dan 45m dan memiliki satu buah pilar. Perencanaan ulang jembatan kesejahteraan dilakukan dengan menghilangkan pilar. Tipe yang dugunakan segmental box girder dengan system prategang post tension. Tujuan menggunakan konstruksi ini agar mampu menahan lendutan, geser, dan torsi secara efektif. Perencanaan jembatan ini menggunakan SNI 1725:2016. Dari data-data perencanaan dilakukan perhitungan pembebanan,kemudian dilakukan preliminary design dengan mendimensi box girder.Tahap awal perencanaan menganalisa beban yang terjadi yaitu berat sendiri, beban mati tambahan, beban lalu lintas, gaya rem, beban pedestrian, beban gempa, beban angin, pengaruh temperature, pengaruh susut dan rangkak, dan anlisa kehilangan prategang yang terjadi. Selanjutnya dilakukan kontrol tegangan, lendutan, momen, kemudian perhitungan penulangan box girder dan box angkur ujung. Dimensi box girder yang digunakan adalah lebar plat atas 9.5m, tinggi box girder (H) 3.5m, luas penampang box girder (A) 6.82m², titik berat serat atas dan bawah masing – masing 1.31m dan 2.19m, dengan momen inersia (Ix) 9.35m⁴, dan tahanan momen sisi atas dan bawah masing – masing 7.19m³ dan 4.28m³. Berat sendiri box girder 17388.71kg/m, berat bangunan sekunder dan deviator 3274.86kg/m beban mati tambahan (Ma) 1897.29kg/m, beban lajur D tanpa faktor beban dinamis (FBD) 349300kg, beban lajur D dengan faktor beban dinamis (FBD) 361648kg, beban merata pejalan kaki (TP) 500 kg/m, beban akibat gaya rem (TB) 18250 kg, beban angin (EW) 150.17 kg/m, beban gempa (EQ) 902.43kg/m. Tendon yang digunakan adalah tendon eksternal sebanyak 18buah tendon, Tiap tendon terdiri dari 22 strands dengan diameter 12.7mm. Jenis angkur yang digunakan adalah sfesifikasi Freyssinet prestressing. Total kehilanan prategang (∆݂ ௉்) = 16850.54݇ܰ dengan persentasi 24.50%. Tinggi I girder sebelumnya adalah 2.5m sedangkan tinggi box girder yang rencanakan sebesar 3.5m dengan lendutan pada saat transfer sebesar -0.052m dan lendutan setelah loss of prestress adalah 0.023m.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): segmental Box girder, Beton prategang, Post tension prestress, jembatan kesejahteraan
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 18 Nov 2019 04:23
Last Modified: 18 Nov 2019 04:23
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15026

Actions (login required)

View Item View Item