ANALISIS POLA KECENDERUNGAN KEKERINGAN DENGAN METODE STANDARDIZED PRECIPITATION INDEX (SPI) DAN METODE PALMER DROUGHT SEVERITY INDEX (PDSI) DI KABUPATEN LOMBOK UTARA

ASTUTI, RINI WIDI (2019) ANALISIS POLA KECENDERUNGAN KEKERINGAN DENGAN METODE STANDARDIZED PRECIPITATION INDEX (SPI) DAN METODE PALMER DROUGHT SEVERITY INDEX (PDSI) DI KABUPATEN LOMBOK UTARA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
1. Tugas Akhir.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Kondisi iklim di wilayah Indonesia akhir-akhir ini sering mengalami perubahan, salah satu dampak perubahan iklim adalah kekeringan. Wilayah NTB merupakan salah satu wilayah terdampak kekeringan. Berdasarkan data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Klimatologi Kediri Lombok Barat (Lobar) tahun 2017, menyebutkan sebanyak 29 daerah di NTB mengalami kekeringan ekstrem,. Dengan Kabupaten Lombok Utara mengalami tingkat kekeringan terparah. Studi ini bermaksud untuk mengetahui pola krakteristik dan kecenderungan dengan cara mencari pemodelan yang sesuai untuk mendekati indeks kekeringan yang dihasilkan metode SPI dan PDSI. Dari pola kekeringan dan kecenderungan diharapkan kedepan perhitungan indeks kekeringan tidak hanya bergantung pada data setelah kejadian itu terjadi tetapi dapat memanfaatkan indeks kekeringan yang sudah ada untuk prediksi indeks kekeringan yang akan datang menggunakan metode peramalan yang ada. Hasil analisis kekeringan dengan metode Standardized Precipitation Index (SPI) di Kabupaten Lombok Utara mengalami puncak kekeringan amat sangat kering (terparah) dengan nilai indeks kekeringan sebesar -2.866. Sedangkan hasil analisis kekeringan metode Palmer Drought Severity Index (PDSI) di Kabupaten Lombok Utara mengalami puncak kekeringan ekstrim kering (terparah) dengan nilai indeks kekeringan sebesar -27,64. Untuk verifikasi keakuratan terhadap data BPBD Lombok Utara dengan presentase kesesuaian untuk BPBD-SPI di Kabupaten Lombok Utara sebesar 48,33% dan BPBD-PDSI sebesar 81,33%. Model tentatif yang dihasilkan dengan metode SARIMA SPI (1,0,1)(0,1,1) 12 dan PDSI (0,1,2)(0,1,1) 12 dengan pola krakteristik kecenderungan kekeringan yang terjadi di Kabupaten Lombok Utara mengalami kekeringan yang hampir, selalu terjadi antara bulan Mei-Oktober dengan kecenderungan semakin kering tiap tahunnya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pola karakteristik, Indeks Kekeringan, SPI, PDSI, BPBD.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 18 Nov 2019 04:23
Last Modified: 18 Nov 2019 04:23
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15027

Actions (login required)

View Item View Item