PERENCANAAN NORMALISASI SUNGAI TELAGA LEBUR GUNA PENANGGULANGAN BANJIR DI SEKOTONG LOMBOK BARAT Normalization Plan Of The Telaga Lebur River For Flood Prevention In The West Lombok

NUPUS, HIDAYATUN (2019) PERENCANAAN NORMALISASI SUNGAI TELAGA LEBUR GUNA PENANGGULANGAN BANJIR DI SEKOTONG LOMBOK BARAT Normalization Plan Of The Telaga Lebur River For Flood Prevention In The West Lombok. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Tugas Akhir Hidayatun Nupus .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Desa Sekotong merupakan salah satu desa yang ada di Kecamatan Sekotong Tengah dengan jumlah penduduk ±570 KK. Desa Sekotong terdiri atas beberapa dusun yaitu Dusun Sekotong Tengah 2, Dusun Sekotong Tengah 1, Dusun Mekar Sari, Dusun Telaga Lebur Loang Balok, Dusun Telaga Lebur Kebon dan Dusun Telaga Lebur Desa. Desa Sekotong merupakan salah satu daerah yang rawan terjadi banjir. Masalah utama yang dihadapi Sungai Telaga Lebur yaitu masalah banjir yang disebabkan oleh intensitas hujan yang tinggi, penyempitan penampang dan sedimentasi yang menyebabkan pembendungan aliran sehingga meluap ke perkampungan. Perbaikan penampang pada daerah aliran Sungai Telaga Lebur dapat menjadi alternatif penanganan masalah yang tepat untuk wilayah tersebut. Perbaikan penampang aliran meliputi perencanaan pelebaran dan pengerukan untuk Normalisasi. Dalam penelitian ini, untuk mengetahui anlisis hidrologi menggunakan data hujan harian pada stasiun Sekotong (1999-2018). Perhitungan debit banjir rancangan Q25 tahun menggunakan metode Hidrograf Satuan Sintetis Nakayasu. Berdasarkan hasil analisis hidrologi dengan kala ulang Q25 tahun didapatkan debit sebesar 134.107 m³/detik. Untuk analisa hidrolika menggunakan metode HEC-RAS 4.10 menggunakan jenis aliran steady flow (aliran tetap) karena parameter yang dipakai adalah debit banjir dan kemiringan sungai rata-rata dengan melihat kondisi di lapangan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Sungai Telaga Lebur, Normalisasi, Banjir, Nakayasu, HEC-RAS
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 27 Nov 2019 00:17
Last Modified: 27 Nov 2019 00:17
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15036

Actions (login required)

View Item View Item