STUDI EKSPERIMENTAL PERILAKU LENTUR PANEL KOMPOSIT PAPAN HMR DAN PAPAN KAYU SENGON Experimental Study on Bending Behavior Composite Panel of HMR Board and Sengon Timber

Afianto, Argo (2019) STUDI EKSPERIMENTAL PERILAKU LENTUR PANEL KOMPOSIT PAPAN HMR DAN PAPAN KAYU SENGON Experimental Study on Bending Behavior Composite Panel of HMR Board and Sengon Timber. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TUGAS AKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Seiring dengan meningkatnya kebutuhan akan kayu, pasokan kayu dari alam semakin berkurang. Untuk mengatasi hal tersebut salah satu produk yang dikenal luas memiliki kemampuan memikul beban struktur untuk plat lantai adalah Glued Laminated Timber (Glulam), yaitu produk rekayasa kayu yang tertua dibuat dari dua atau lebih lapisan kayu yang disebut dengan laminasi diikat dengan perekat dan laminasi disusun dengan arah sejajar serat. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengujian kuat lentur dan pola kegagalan yang terjadi pada kayu laminasi panel komposit High Moisture Resistance (HMR) dan kayu sengon. Pengujian ini menggunakan metode dua titik pembebanan untuk mendapatkan nilai MOE, dan kuat lentur. Panel Komposit dibuat sebanyak tiga buah untuk tiga kali pengujian dengan beban pada syarat lendutan ijin L/300, metode penyambung yang diteliti yaitu menggunakan lem epoxy resin. Hasil eksperimental menunjukkan bahwa nilai kuat lentur yang dihasilkan Panel Komposit HMR dan Sengon (PLKT) yaitu PLKT 1, PLKT 2 dan PLKT 3 berturut-turut sebesar 2,44 Mpa, 2,83 Mpa dan 2,29 Mpa dengan nilai kuat lentur rata-rata sebesar 2,32 Mpa. Nilai MOE diperoleh sebesar 1254,1 MPa, 859,4 MPa dan 1383,3, nilai rata-rata MOE sebesar 1165,58 MPa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Panel komposit, lendutan ijin, dan MOE.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 27 Nov 2019 00:17
Last Modified: 27 Nov 2019 00:17
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15040

Actions (login required)

View Item View Item