PENGARUH PERBANDINGAN MASSA RAGI (TURBO YEAST) DAN VOLUME STARTER TERHADAP KADAR, VOLUME DAN SIFAT FISIK ALKOHOL YANG DIHASILKAN DARI NIRA BATANG SORGUM

JURAIDIN, JURAIDIN (2019) PENGARUH PERBANDINGAN MASSA RAGI (TURBO YEAST) DAN VOLUME STARTER TERHADAP KADAR, VOLUME DAN SIFAT FISIK ALKOHOL YANG DIHASILKAN DARI NIRA BATANG SORGUM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TUGAS AKHIR JURAIDIN (F1C015035).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Bahan bakar minyak yang digunakan sekarang ini merupakan bahan bakar yang dibuat dari bahan bakar fosil, yang di mana bahan bakar fosil ini merupakan bahan bakar yang tidak dapat diperbaharui. Sekarang ini kebutuhan untuk penggunaan bahan bakar minyak ini semakin meningkat, oleh karena itu, untuk memenuhi kebutuhan tersebut dikembangkan suatu bahan bakar alternatif yang dapat diperbaharui. Energi alternatif ini dapat dihasilkan oleh tanaman yang mengandung gula. Salah satu dari tanaman tersebut adalah tanaman sorgum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari perbandingan massa ragi dan volume starter 5 gr/l, 10 gr/l dan 15 gr/l yang digunakan sebagai variabel bebas terhadap alkohol yang dihasilkan (kadar alkohol, volume alkohol dan sifat fisik dari alkohol yang dihasilkan) yang dijadikan sebagai variabel terikat. Dalam penelitian ini volume sampel yang digunakan adalah 14 liter untuk setiap sampel. Dari setiap sampel diambil 10% dari total sampel untuk membuat starter yang akan dicampurkan dengan masing-masing variasi massa ragi dengan tambahan NPK sebanyak 0,6 gr/l, dan urea sebanyak 0,5 gr/l, proses pembuatan starter ini dilakukan dalam keadaan aerob. Pada penelitian ini digunakan turbo yeast sebagai ragi dalam fermentasi. Dimana proses fermentasi dilakukan selama 5 hari dalam keadaan an aerob. Pada penelitian ini didapatkan kadar alkohol tertinggi yang dihasilkan yaitu 79 % dengan menggunakan perbandingan massa ragi dan volume starter 15 gr/l, volume alkohol murni tertinggi yang di dapat yaitu 681,6 ml pada perbandingan 10 gr/l, spesific gravity tertinggi yaitu 0,81 berada pada perbandingan massa ragi 5 gr/l dan nilai kalor tertinggi yaitu 4700,9 Cal/g berada pada perbandingan massa ragi 15 gr/l.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Bioetanol, sorgum, massa ragi, kadar alkohol, nilai kalor
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 30 Nov 2019 02:26
Last Modified: 30 Nov 2019 02:26
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15057

Actions (login required)

View Item View Item