MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII-8 MTS NEGERI 1 MATARAM MELALUI PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MATCH PADA MATERI PERSAMAAN KUADRAT TAHUN PELAJARAN 2016/2017

GUNAWAN, GUNAWAN (2017) MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII-8 MTS NEGERI 1 MATARAM MELALUI PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MATCH PADA MATERI PERSAMAAN KUADRAT TAHUN PELAJARAN 2016/2017. S1 thesis, UPT. Perpustakaan.

[img] Text
Skripsi [GUNAWAN_E1R113019_FKIP_UNRAM].pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VIII- 8 MTs Negeri 1 Mataram melalui penerapan model cooperative learning tipe make a match pada materi persamaan kuadrat tahun pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Data prestasi belajar siswa diperoleh melalui tes evaluasi yang diberikan pada tiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor aktivitas siswa pada siklus I pertemuan 1 adalah 11,9 dengan kategori aktif dan pertemuan 2 adalah 14,4 dengan kategori sangat aktif, diperoleh rata-rata skor aktivitas belajar siswa 13,2 dengan kategori aktif. Skor aktivitas belajar siswa pada siklus II pertemuan 1 adalah 15,3 dan pertemuan 2 adalah 16,4 dengan kategori masing- masing sangat aktif, diperoleh rata-rata skor aktivitas belajar siswa 15,9. Sedangkan hasil evaluasi pada siklus I menunjukkan bahwa ketuntasan belajar secara klasikal yang tercapai adalah sebesar 85,29% dan hasil penelitian pada siklus II diperoleh ketuntasan belajar secara klasikal nya sebesar 100%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa aktivitas dan prestasi belajar siswa pada tiap siklus meningkat. Dengan melihat secara keseluruhan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, penerapan model cooperative learning tipe make a match secara optimal dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VIII-8 MTs Negeri 1 Mataram pada materi persamaan kuadrat tahun pelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): model cooperative learning tipe make a match, aktivitas belajar, prestasi belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 07 Feb 2018 03:29
Last Modified: 07 Feb 2018 03:29
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/1507

Actions (login required)

View Item View Item