ANALISIS PERBANDINGAN PERHITUNGAN CURAH HUJAN RATA-RATA DALAM MEMPERHITUNGKAN DEBIT LIMPASAN MENGGUNAKAN SOFTWARE HEC-HMS (STUDI KASUS DAS JANGKOK) The Comparison Analysis of Average Rainfall Calculations in Calculating Runoff Discharges Using The HEC-HMS Software (Case Study in Jangkok Watershed)

PRADITA, WIWIN SURYA (2019) ANALISIS PERBANDINGAN PERHITUNGAN CURAH HUJAN RATA-RATA DALAM MEMPERHITUNGKAN DEBIT LIMPASAN MENGGUNAKAN SOFTWARE HEC-HMS (STUDI KASUS DAS JANGKOK) The Comparison Analysis of Average Rainfall Calculations in Calculating Runoff Discharges Using The HEC-HMS Software (Case Study in Jangkok Watershed). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TUGAS AKHIR-WIWIN SURYA PRADITA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Banyaknya kendaraan antar – jemput penumpang di sekolah pada jalan Pejanggik yang parkir, mengakibatkan kendaraan menumpuk sampai badan jalan, sehingga pada waktu tertentu sering terjadi kemacetan pada jalan ini. Berkurangnya kecepatan pengendara di jalan Majapahit disebabkan oleh antrian kendaraan yang putar arah ditambah adanya kendaraan yang keluar/masuk ke SPBU Kekalik. Penelitian ini menganalisis jumlah hambatan samping dan kecepatan arus bebas pada penggal jalan yang diteliti. Jumlah dari hambatan samping ini akan dipakai untuk menganalisis seberapa besar pengaruhnya terhadap kecepatan arus bebas pada penggal jalan yang diteliti. Penelitian ini juga menganalisis model yang didapatkan dari analisa yang dilakukan pada aplikasi SPSS. Hasil analisis diperoleh rerata kelas hambatan samping pada penggal jalan yang diteliti adalah sangat tinggi (ST). Dengan tingkat pelayanan jalan rerata C. Kecepatan arus bebas didapatkan sebesar 33,89 km/jam. Besar pengaruh hambatan samping dan derajat kejenuhan terhadap kecepatan arus bebas sebesar 96,3% pada jalan Majapahit segmen 2 arah 1. Hambatan samping berpengaruh terhadap kecepatan arus bebas sebesar 95,8% dengan faktor yang paling berpengaruh adalah kendaraan keluar masuk sebesar 85,8%. Derajat kejenuhan mempengaruhi kecepatan arus bebas sebesar 76,4%. Dengan model persamaannya Y = 55,910 – 0,017 (X1) - 6,925 (X2) pada jalan Majapahit segmen 2 arah

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): pengaruh hambatan samping, derajat kejenuhan, kecepatan arus bebas, aplikasi SPSS
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 02 Dec 2019 02:01
Last Modified: 02 Dec 2019 02:01
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15075

Actions (login required)

View Item View Item