PENGARUH PEMBERIAN AMPAS KECAP DI DALAM PAKAN BASAL TERHADAP KETAHANAN HIDUP DAN MASA AKTIF SPERMATOZOA SEMEN SEGAR KAMBING PERANAKAN ETTAWA (PE)

ARISA, CITRA HAFIZATUN (2019) PENGARUH PEMBERIAN AMPAS KECAP DI DALAM PAKAN BASAL TERHADAP KETAHANAN HIDUP DAN MASA AKTIF SPERMATOZOA SEMEN SEGAR KAMBING PERANAKAN ETTAWA (PE). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi edit amran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kualitas spermatozoa semen segar kambing PE yang diberi ampas kecap di dalam pakan rumput lapangan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan agustus sampai bulan oktober 2017 di Laboratorium Reproduksi Ternak, Fakultas Peternakan Universitas Mataram. Materi yang digunakan pada penelitian ini adalah semen kambing ettawa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental laboratorik dengan rancangan acak lengpak ( RAL) dengan 3 perlakuan dan 9 kali ulangan. Dengan tambahan ampas kecap (kontrol) P0, 5% (P1) dan 10% (P2) . Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis varians (ANAVA) dan yang berbeda nyata diuji dengan Duncan’s Multipe Range Test (DMTR) menggunakan program SPSS versi 21. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pesentase motilitas, viabilitas dan abnormalitas spermatozoa setelah perlakuan yaitu P0 (120±0,00 %) kemudian diikuti P1 (150±12,24%) dan P2 (170±7,07%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa P2 merupakan hasil terbaik dan secara nyata lebih tinggi (p<0,05) dibandingkan dengan kontol dan P1 dalam mempertahankan kualitas spermatozoa semen segar kaming PE. Disimpilkan bahwa kualitas spermatozoa kambing PE dengan penambahan 10% ampas kecap cukup baik dengan hasil yang paling optimal untuk ketahanan hidup spermatozoa kambing PE.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): kambing PE, kualitas spermatozoa, ampas kecap
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 05 Dec 2019 00:43
Last Modified: 05 Dec 2019 00:43
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15102

Actions (login required)

View Item View Item