STUDI PERBANDINGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY DAN JIGSAW DITINJAU DARI HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 1 GUNUNGSARI TAHUN PELAJARAN 2019/2020

HASANIAH, SIBTIL (2019) STUDI PERBANDINGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY DAN JIGSAW DITINJAU DARI HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 1 GUNUNGSARI TAHUN PELAJARAN 2019/2020. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi (SIBTIL HASANIAH).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray dan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw ditinjau dari hasil belajar siswa pada materi pola dan barisan bilangan siswa kelas VIII di SMPN 1 Gunungsari tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian eksperimen ini merupakan jenis quasi eksperimental design dengan desain post test only. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu teknik cluster random sampling yaitu kelas VIII-A dan VIII-C. Instrumen yang digunakan adalah tes berupa soal-soal uraian dan lembar observasi yaitu keterlaksanaan pembelajaran, aktivitas guru dan aktivitas siswa. Hasil belajar siswa pada kelas two stay two stray memperoleh rata-rata 63,67 dengan ketuntasan klasikal 26,66%. Sedangkan kelas jigsaw memperoleh rata-rata hasil belajar 65,33 dengan ketuntasan klasikan 30%. Meskipun hasil belajar yang diperoleh kedua kelas masih rendah, namun aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan setiap pertemuannya. Hasil penelitian diperoleh bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray dan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw ditinjau dari hasil belajar siswa pada materi pola dan barisan bilangan siswa kelas VIII di SMPN 1 Gunungsari tahun pelajaran 2019/2020. Pokok dari kedua tipe model pembelajaran kooperatif ini adalah pada fase diskusi. Rendahnya hasil belajar disebabkan karena rendahnya kualitas diskusi dalam pembelajaran. Oleh karena itu guru harus lebih memperhatikan proses diskusi agar tercapai apa yang menjadi tujuan pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): model pembelajaran kooperatif, two stay two stray, jigsaw, hasil belajar matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 05 Dec 2019 00:43
Last Modified: 05 Dec 2019 00:43
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15110

Actions (login required)

View Item View Item