HUBUNGAN ANTARA PEMAHAMAN KONSEP DENGAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA DALAM MATERI FPB DAN KPK DI SDN 3 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2019/2020

ARIFIN, NURUL AYUNI (2019) HUBUNGAN ANTARA PEMAHAMAN KONSEP DENGAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA DALAM MATERI FPB DAN KPK DI SDN 3 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2019/2020. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujan untuk mengetahui hubungan antara pemahaman konsep dengan kemampuan komunikasi matematika dalam materi FPB dan KPK di SDN 3 mataram. Penelitian Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan Deskriptif Komparatif. Subjek penelitian berjumlah 36 siswa kelas VI SDN 3 Mataram. Teknik yang digunakan untuk pengambilan data yaitu dengan tes dan dokumentasi. Metode tes digunakan untuk memperoleh nilai siswa pada pemahaman konsep dan komunikasi matematika. Data yang diperoleh, diolah dengan teknik analisis Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata rata pemahaman konsep berada pada angka 68,74 dan nilai rata rata komunikasi matematika berada pada angka 77,36. Setelah di analisis menggunakan rumus Product Moment diperoleh nilai rxy = 0.632 dapat dilihat dari tabel Interprestasi Koefisien Korelasi Nilai r berada pada tingkat hubungan kuat. Jadi apabila siswa mempunyai pemahaman konsep yang baik dapat dipastikan kemampuan komunikasi matematikanya baik, dikarenakan dengan berkomunikasi yang baik , maka siswa akan dapat memperjelas dan memperluas ide dan pemahaman mereka tentang matematika khususnya pada materi FPB dan KPK . Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang kuat antara Pemahaman Konsep dengan Komunikasi Matematika Siswa Kelas IV SDN 3 Mataram Tahun Ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pemahaman Konsep dan Komunikasi Matematika.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 09 Dec 2019 02:07
Last Modified: 09 Dec 2019 02:07
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15117

Actions (login required)

View Item View Item