PENGARUH MEDIA BONEKA TANGAN BERBANTUAN MODEL TALKING STICK TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS III SDN 33 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2018/2019

HARIANI, LINDA (2019) PENGARUH MEDIA BONEKA TANGAN BERBANTUAN MODEL TALKING STICK TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS III SDN 33 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2018/2019. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI YG SUDAH DISATUKAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penggunaan media boneka tangan berbantuan model talking stick terhadap keterampilan berbicara siswa SD. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, jenis Quasi Eksperimental Design tipe Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SDN 33 Mataram yang berjumlah 60 siswa. Sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini yaitu 30 siswa yang diambil dari kelas eksperimen sebanyak 15 dan kelas kontrol sebanyak 15 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes keterampilan berbicara siswa menggunakan rubrik penilaian. Data dianalisis dengan menggunakan bantuan SPSS versi 16. Pengujian hipotesis penelitian dianalisis menggunakan perhitungan uji independent sample t-test dengan hasil menunjukkan nilai t-hitung 4.483 ≥ t-table 2.05 pada taraf signifikan 5% dengan df= 28 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Hipotesis penelitian diterima berbunyi ada pengaruh media boneka tangan berbantuan model talking stick terhadap keterampilan berbicara siswa kelas III SDN 33 Mataram tahun pelajaran 2018/2019. Hasil analisis koefisien determinan menunjukan bahwa besarnya pengaruh media boneka tangan berbantuan model talking stick terhadap keterampilan berbicara sebesar 62% dengan kategori cukup berpengaruh dan 38% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penggunaan media boneka tangan berbantuan model talking stick terhadap keterampilan berbicara siswa SD. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, jenis Quasi Eksperimental Design tipe Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SDN 33 Mataram yang berjumlah 60 siswa. Sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini yaitu 30 siswa yang diambil dari kelas eksperimen sebanyak 15 dan kelas kontrol sebanyak 15 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes keterampilan berbicara siswa menggunakan rubrik penilaian. Data dianalisis dengan menggunakan bantuan SPSS versi 16. Pengujian hipotesis penelitian dianalisis menggunakan perhitungan uji independent sample t-test dengan hasil menunjukkan nilai t-hitung 4.483 ≥ t-table 2.05 pada taraf signifikan 5% dengan df= 28 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Hipotesis penelitian diterima berbunyi ada pengaruh media boneka tangan berbantuan model talking stick terhadap keterampilan berbicara siswa kelas III SDN 33 Mataram tahun pelajaran 2018/2019. Hasil analisis koefisien determinan menunjukan bahwa besarnya pengaruh media boneka tangan berbantuan model talking stick terhadap keterampilan berbicara sebesar 62% dengan kategori cukup berpengaruh dan 38% dipengaruhi oleh faktor lain.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 09 Dec 2019 02:07
Last Modified: 09 Dec 2019 02:07
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15118

Actions (login required)

View Item View Item