PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI KUBUS DAN BALOK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII-1 SMP NEGERI 1 LINGSAR TAHUN PELAJARAN 2016/2017

AFIATI, BAIQ SYIFA (2017) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI KUBUS DAN BALOK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII-1 SMP NEGERI 1 LINGSAR TAHUN PELAJARAN 2016/2017. S1 thesis, UPT. Perpustakaan.

[img] Text
ARTIKEL SKRIPSI BAIQ SYIFA AFIATI (E1R 113 015).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (930kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas dan prestasi belajar siswa di kelas VIII-1 SMPN 1 Lingsar. Hal ini disebabkan karena model pembelajaran yang diterapkan tidak memberikan kesempatan siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran sehingga siswa kesulitan dalam memahami konsep materi pelajaran matematika. Oleh sebab itu, dibutuhkan suatu model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa di kelas VIII-1 SMPN 1 Lingsar tahun pelajaran 2016/2017. Salah satu model pembelajaran yang tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu model discovery learning. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus dimana masing-masing siklus dilaksanakan dalam 3 pertemuan yaitu 2 pertemuan untuk membahas materi dan 1 pertemuan untuk evaluasi hasil belajar. Adapun tahapan yang akan dilaksanakan pada setiap siklus yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Dari hasil penelitian didapatkan skor aktivitas siswa pada pertemuan pertama siklus 1 yaitu 7,67 dengan kategori cukup dan pada pertemuan kedua siklus 1 yaitu 10,67 dengan kategori tinggi. Sedangkan skor aktivitas siswa pada pertemuan pertama siklus 2 yaitu 12,66 dengan kategori tinggi dan pada pertemuan kedua siklus 2 yaitu 14,00 dengan kategori sangat tinggi. Dari analisis hasil evaluasi belajar didapatkan rata-rata nilai pada siklus 1 yaitu 74,91 dengan persentase ketuntasan klasikalnya adalah 78% sedangkan pada siklus 2 terjadi peningkatan rata-rata nilai yaitu 81,13 dengan persentase ketuntasan klasikalnya adalah 87%. Dengan demikian, hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model discovery learning pada materi kubus dan balok dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VIII-1 SMPN 1 Lingsar tahun pelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Discovery Learning, aktivitas belajar, prestasi belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 24 Feb 2018 06:57
Last Modified: 24 Feb 2018 06:57
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/1512

Actions (login required)

View Item View Item