PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN ETNOMATEMATIKA PADA MATERI BILANGAN KELAS VII DI SMP NEGERI 1 NARMADA TAHUN AJARAN 2019/2020

Najmiatun, Alifah (2019) PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN ETNOMATEMATIKA PADA MATERI BILANGAN KELAS VII DI SMP NEGERI 1 NARMADA TAHUN AJARAN 2019/2020. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ALIFAH NAJMIATUN E1R015002.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan dari media komik matematika dengan pendekatan etnomatematika pada materi bilangan kelas VII di SMP Negeri 1 Narmada; serta untuk mengetahui respon peserta didik di SMP Negeri 1 Narmada terhadap kelayakan komik sebagai media pembelajaran. Penelitian pengembangan ini dilakukan dengan menggunakan model 4-D yang terdiri dari define, design, develop, dan disseminate. Pada tahap define dilakukan analisis potensi masalah dan pengumpulan data. Pada tahap develop dilakukan penyusunan perangkat penelitian, pemilihan media, pemilihan format, dan desain awal media komik matematika. Pada tahap develop dilakukan penilaian oleh ahli, revisi I, uji coba terbatas, dan revisi II. Pada tahap disseminate dilakukan penyebarluasan. Berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, dan guru matematika rata-rata skor 4,12 termasuk kategori layak. Berdasarkan respon peserta didik rata-ratan skornya 4,24 dengan kategori layak. Hasil uji pengembangan untuk mengukur peningkatan pemahaman peserta didik dilakukan dengan menggunakan pre-test dan post-test diperoleh persentase peningkatan sebesar 14.5% yang menujukkan peningkatan pemahaman peserta didik cukup baik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): media pembelajaran, komik matematika, etnomatematika, bilangan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 09 Dec 2019 02:07
Last Modified: 09 Dec 2019 02:07
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15120

Actions (login required)

View Item View Item