MURNIATI, MURNIATI (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING (CORE) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP FISIKA DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMAN 1 LABUHAN HAJI TAHUN PELAJARAN 2019/2020. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
SKRIPSI (MURNIATI).pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) terhadap pemahaman konsep fisika dan kemampuan berpikir kritis peserta didik SMAN 1 Labuhan Haji. Jenis penelitian quasi experiment dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Populasinya seluruh peserta didik kelas XI IPA SMAN 1 Labuhan Haji Tahun Pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 157 orang dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Terdapat dua sampel yang diambil yaitu peserta didik kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen yang diberikan perlakuan berupa model pembelajaran CORE dan peserta didik kelas XI IPA 4 sebagai kelas kontrol yang diberikan perlakukan pembelajaran konvensional. Jenis tes yang digunakan yaitu pilihan ganda sebanyak 15 item soal untuk pemahaman konsep dan soal essay sebanyak 5 item untuk kemampuan berpikir kritis. Uji hipotesis menggunakan uji MANOVA. Hasil uji hipotesis menunjukkan signifikan 0,024 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Kesimpulannya terdapat pengaruh model pembelajaran CORE terhadap pemahaman konsep fisika dan kemampuan berpikir kritis peserta didik SMAN 1 Labuhan Haji.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Model Pembelajaran CORE, Pemahaman Konsep Fisika, Kemampuan Berpikir Kritis |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Wiwin Kartikawati |
Date Deposited: | 09 Dec 2019 02:07 |
Last Modified: | 09 Dec 2019 02:07 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15121 |
Actions (login required)
View Item |