THE MANAGEMENT OF ACCUSATIONS OF RACISM IN FACEBOOK DISCUSSIONS ON YOGYAKARTA’S LAND OWNERSHIP INSTRUCTION: A DISCURSIVE PSYCHOLOGY ANALYSIS

MUBARAK, IKRAM (2019) THE MANAGEMENT OF ACCUSATIONS OF RACISM IN FACEBOOK DISCUSSIONS ON YOGYAKARTA’S LAND OWNERSHIP INSTRUCTION: A DISCURSIVE PSYCHOLOGY ANALYSIS. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Thesis-Ikram Mubarak-The Management of Accusations of Racism.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dan menjelaskan manajemen tuduhan rasisme dalam diskursus online tentang pemberlakuan instruksi kepemilikan tanah di Yogyakarta yang membatasi hak warga ‘non­pribumi’ untuk memiliki tanah di provinsi ini. Discursive Psychology (Psikologi Diskursif) digunakan dalam penelitian ini untuk menelaah berbagai data yang diperoleh dari jejaring sosial Facebook. Data­data ini berupa 50 postingan Facebook yang dikumpulkan dalam kurun waktu enam bulan terhitung sejak Februari hingga Juli 2018, dimana pada periode ini, pengguna Facebook membicarakan topik yang berkaitan dengan instruksi kepemilikan tanah ini secara masif setalah gugatan Handoko atas permbelakuan instruksi tersebut ditolak pengadilan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengguna Facebook mengelola tuduhan rasisme dengan cara menghindari pemakaian referensi eksplisit untuk rasisme. Dalam hal ini, mereka menggunakan berbagai kata seperti ‘kebobrokan’, ‘penindasan’, ‘kesewenang­wenangan’, ‘ke­ koplak­an’, dan ‘kebodohan’ untuk menamai pemberlakuan instruksi kepemilikan tanah, alih­alih menyebutnya rasisme secara eksplisit. Selanjutnya, pengguna Fecebook juga menerapkan terminologi yang bermasalah (seperti ‘rasisme’, ‘diskriminasi’, dan lain sebagainya) dalam membuat tuduhan rasisme, namun mereka menahan diri untuk membuat tuduhan rasisme langsung. Berkenaan dengan ini, mereka berbicara dengan mengatasnamakan orang lain untuk mengkonstruksikan instruksi yang dimaksud sebagai sebuah praktek diskriminasi. Mereka juga mengendalikan diri dari membuat tuduhan semacam ini dengan memposisikan bahwa tuduhan tersebut berasal dari orang lain. Penelitian ini juga mengungkap bahwa pengelolaan tuduhan rasisme dilakukan dengan membuat tuduhan rasisme langsung. Dalam ihwal seperti ini, penuduh secara langsung menuduh tertuduh mempraktekkan rasisme karena melegitimasi dan bahkan mendukung pemberlakuan instruksi atas kepemikilan tanah ini, dan juga karena memposting komentar rasis.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): tuduhan rasisme, psikologi diskursif, instruksi kepemilikan tanah, Facebook
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 09 Dec 2019 02:07
Last Modified: 09 Dec 2019 02:07
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15122

Actions (login required)

View Item View Item