“PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII F SMPN 4 LINGSAR TAHUN PELAJARAN 2016/2017 PADA MATERI KUBUS DAN BALOK DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN ALAT PERAGA”

SKRIPSI, ARTIKEL (2017) “PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII F SMPN 4 LINGSAR TAHUN PELAJARAN 2016/2017 PADA MATERI KUBUS DAN BALOK DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN ALAT PERAGA”. S1 thesis, UPT. Perpustakaan.

[img] Text
SKRIPSI LINA WATI (E1R113035).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di SMPN 4 Lingsar, akitivitas dan prestasi belajar matematika peserta didik masih rendah hal ini disebabkan oleh pemahaman konsep yang dimiliki oleh peserta didik sangat kurang khusunya di kelas VIII F. Namun dalam kegiatan pembelajaran masih ada potensi-potensi peserta didik kelas VIII F yang dapat dikembangkan, yaitu masih ada peserta didik yang memperhatikan penjelasan guru, saling membantu untuk mengerjakan tugas yang diberikan dengan sungguh-sungguh, peserta didik yang kurang paham mau bertanya pada temannya, dan saat melakukan kegiatan diskusi kelompok peserta didik terlihat lebih aktif dan bersemangat. Oleh karena itu, untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar peserta didik kelas VIII F SMPN 4 Lingsar tahun pelajaran 2016/2017 pada materi kubus dan balok peneliti melakukan penelitian dengan menerapkan model Pembelajaran Berbasis Masalah berbantuan Alat Peraga. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dimana pada tiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perolehan skor aktivitas belajar peserta didik pada siklus I pertemuan pertama adalah 9,66 dengan katagori cukup aktif dan pada pertemuan kedua skor aktivitas peserta didik adalah 11,67 dengan kategori aktif. Kemudian terjadi peningkatan pada siklus II yang termasuk dalam kategori sangat aktif. Dari analisis hasil evaluasi belajar peserta didik, rata-rata nilai pada siklus I dan siklus II berturut-turut adalah 71,27 dan 82,8 dengan ketuntasan klasikal masing-masing tiap siklus 63,63% dan 90,9%. Dengan melihat hasil yang diperoleh dari siklus I ke siklus II, baik dari segi aktivitas belajar peserta didik maupun dari prestasi belajar peserta didik terjadi peningkatan. Maka dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan prestasi belajar peserta didik kelas VIII F SMPN 4 Lingsar tahun pelajaran 2016/2017 pada materi kubus dan balok meningkat dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan alat peraga.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Aktivitas Belajar dan Prestasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 24 Feb 2018 06:57
Last Modified: 24 Feb 2018 06:57
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/1513

Actions (login required)

View Item View Item