DAMPAK SOSIAL BUDAYA PERKAWINAN ANTARA WANITA BANGSAWAN DENGAN PRIA JAJAR KARANG PADA MASYARAKAT SUKU SASAK ( Studi Kasus Di Kelurahan. Perapen, Kecamatan.Praya, Kabupaten. Lombok Tengah)

LANDA, LALU REZA (2019) DAMPAK SOSIAL BUDAYA PERKAWINAN ANTARA WANITA BANGSAWAN DENGAN PRIA JAJAR KARANG PADA MASYARAKAT SUKU SASAK ( Studi Kasus Di Kelurahan. Perapen, Kecamatan.Praya, Kabupaten. Lombok Tengah). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
LALU REZA LANDA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Dampak Sosial Budaya Perkawinan Wanita Bangsawan Dengan Pria Jajar Karang Pada Masyarakat Suku Sasak Di Kelurahan Prapen Kecamatan Praya, Upaya Mmengatasi Dampak Sosial Budaya Perkawinan Wanita Bangsawan Dengan Pria Jajar Karang Pada Masyarakat Suku Sasak Di Kelurahan Prapen Kecamatan Praya. Jenis pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif metode etnografi.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi.Teknik pegambilan sample untuk subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling dan untuk informan penelitian menggunakan teknik snowball sampling. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data,penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dampak sosial budaya perkawinan wanita bangsawan dengan pria jajar karang adalah tingginya denda adat dab mahar,masih adanya kasta dalam pernikahan,lebih mementingkan adat di bandingkan agama, saling menutup diri, adapun upaya untuk mengatasi dampak sosial budaya perkawinan wanita bangsawan dengan pria jajar karang adalah dengan cara menurunkan deda adat dan mahar, silaturhami dan mengutamakan agam dari pada adat.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Dampak Sosial Budaya, Wanita Bangsawan, Suku Sasak
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 10 Dec 2019 03:16
Last Modified: 10 Dec 2019 03:16
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15130

Actions (login required)

View Item View Item