PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ASSURE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 10 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2018/2019

SNAINI, MUH. (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ASSURE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 10 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2018/2019. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI MUH ISNAINI (E1R114044).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penerapan model pembelajaran ASSURE pada materi lingkaran terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 10 Mataram tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan quasi experiment. Seluruh kelas VIII SMPN 10 Mataram yang merupakan populasi penelitian. Dipilih dua kelas sebagai subjek penelitian, satu kelas ditetapkan sebagai kelompok eksperimen dan memperoleh pembelajaran dengan model ASSURE, sedangkan kelas yang lain ditetapkan sebagai kelompok kontrol dan memperoleh pembelajaran konvensional yang berpusat pada guru. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes soal essay. Analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji-t polled varians untuk melihat adanya pengaruh penerapan model pembelajaran ASSURE terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 10 Mataram. Rata-rata skor pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol, ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model ASSURE lebih baik dibandingan pembelajaran konvensional yang berpusat pada guru dikaitkan dengan hasil belajar. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model ASSURE berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 10 Mataram.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model pembelajaran ASSURE, hasil belajar, lingkaran.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 10 Dec 2019 03:16
Last Modified: 10 Dec 2019 03:16
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15131

Actions (login required)

View Item View Item