PENGARUH PENGELOLAAN KELAS TERHADAP DISIPLIN BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR(STUDI KASUS DI GUGUS III KECAMATAN SEKARBELA MATARAM

MALINGI, IIN (2019) PENGARUH PENGELOLAAN KELAS TERHADAP DISIPLIN BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR(STUDI KASUS DI GUGUS III KECAMATAN SEKARBELA MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengelolaan kelas terhadap disiplin belajar siswa Sekolah Dasar di Gugus III Kecamatan Sekarbela Mataram. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian ex post-facto. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III Sekolah Dasar di Gugus III Kecamatan Sekarbela Mataram yang berjumlah 92 siswa. Sampel penelitian ini ditentukan menggunakan rumus Slovin dengan proportional random sampling. Instrumen penelitian ini menggunakan skala psikologi untuk mengukur pengelolaan kelas dan disiplin belajar siswa.Validitas instrumen menggunakan teknik korelasi Product Moment, sedangkan reliabilitas instrumen menggunakan teknik analisis rumus Spearman Brown. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana.Hasil statistik deskriptif menunjukkan bahwa pengelolaan kelas dan disiplin belajar siswa berada pada kategori sangat kuat. Sedangkan, hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif dari pengelolaan kelas terhadap disiplin belajar siswa yakni dengan nilai koefisien Ajusted R Square sebesar 0,806 yang artinya semakin baik pengelolaan kelas maka semakin baik pula disiplin belajar siswa. Besar sumbangan dari hubungan variabel pengelolaan kelas terhadap disiplin belajar siswa pada penelitian ini adalah sebanyak 70,0 % dan selebihnya sebanyak 30,0 % dalam jangkauan lain.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pengelolaan Kelas, Disiplin Belajar Siswa.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 10 Dec 2019 03:16
Last Modified: 10 Dec 2019 03:16
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15136

Actions (login required)

View Item View Item